Aksara Kawi Masuk Unicode, PANDI: Digitalisasi Aksara Nusantara Semakin Banyak

Senin, 12 Oktober 2020 08:18 Reporter : Syakur Usman
Aksara Kawi Masuk Unicode, PANDI: Digitalisasi Aksara Nusantara Semakin Banyak aksara Kawi didaftarkan ke Unicode. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengajuan aksara Kawi ke Unicode untuk digitisasi aksara ke dalam bentuk digital menemukan titik terang. Karena Unicode menerima secara resmi proposal aksara Kawi yang diajukan oleh pegiat aksara daerah, Aditya Bayu Perdana dan Ilham Nurwansyah, akhir bulan lalu.

Jadi tinggal selangkah lagi aksara Kawi tersedia di rilis terbaru Unicode.

Sebagai informasi, Unicode adalah standar dalam dunia komputer untuk pengkodean (encoding) karakter tertulis dan teks yang mencakup hampir semua sistem penulisan yang ada di dunia. Dengan Unicode, pertukaran data teks dapat terjadi secara universal dan konsisten. Berkaitan dengan aksara, nantinya seluruh aksara nusantara bisa diakses di perangkat pintar, seperti smartphone dan komputer/laptop seperti aksara latin.

Menurut Aditya Bayu Perdana, setelah dokumen lengkap proposal Kawi diterima oleh Unicode, maka tinggal menunggu disahkan. Jika tidak ada halangan, maka tidak lama lagi code point aksara Kawi akan bisa digunakan pada platform digital di seluruh dunia.

“Semoga Unicode mengetuk palu untuk mengesahkan aksara Kawi. Kita tunggu saja rilis Unicode terbaru berikutnya,” kata Adit optimistis dalam keterangan resminya, Senin (12/10).

Upaya pengajuan aksara Kawi ke Unicode merupakan bentuk dukungan Adit dan Ilham pada Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang memiliki program bertajuk Merajut Nusantara, dengan melakukan digitalisasi aksara-aksara daerah.

Chika Hayuningtyas, staf pelaksana PANDI pada kegiatan digitalisasi aksara nusantara, menyambut baik apa yang dilakukan oleh Adit dan Ilham.

"Kami sangat menghargai upaya komunitas yang mendukung kegiatan digitalisasi aksara yg digagas oleh PANDI. Sebagai salah satu bentuk komitmennya adalah sejak Oktober tahun ini, PANDI terdaftar sebagai salah satu anggota Unicode, agar bisa lebih mudah memfasilitasi komunitas pegiat aksara di Indonesia yang ingin menjalin komunikasi dengan Unicode kelak," ujar Chika.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aksara nusantara, bisa menghubungi Chika di 0814 1323 8094 atau lewat email di chika@pandi.id.

Baca Selanjutnya: Cerita Aksara Kawi ke Unicode...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini