Aerofood: E-procurement kurangi biaya operasional signifikan

Kamis, 23 Maret 2017 12:57 Reporter : Fauzan Jamaludin
Aerofood. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Pelan-pelan perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai menerapkan Teknologi Informasi (TI). Sebut saja Aerofood. Anak usaha dari Garuda Indonesia mulai mengimplementasikan sistem pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik atau e-Procurement. Solusi e-procurement yang digunakan oleh Aerofood ACS adalah solusi e-procurement berbasis cloud yang dikembangkan oleh PT. Abyor International.

Sekadar informasi, E-procurement adalah suatu proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan secara elektronik melalui web atau berbasis internet, sehingga sistem ini dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

“Biaya operasional dapat dikurangi secara signifikan karena tidak diperlukan lagi penyerahan dokumen fisik dan proses administrasi yang memakan waktu dan biaya,” ujar Ferry Toga, Direktur Keuangan PT Aerofood Indonesia dalam keterangannya, Kamis (23/3).

Nah, solusi e-procurement yang saat ini diimplementasikan di Aerofood ACS mencakup tiga modul utama yakni modul vendor management, modul sourcing management, dan modul dashboard. Modul vendor management digunakan untuk mengelola vendor dan supplier Aerofood ACS, mulai dari proses pendaftaran hingga evaluasi kinerja vendor.

Modul sourcing management digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas pengadaan, mulai dari pembuatan draft lelang hingga penentuan pemenang lelang. Modul sourcing management yang diimplementasikan di Aerofood ACS juga sudah memfasilitasi mekanisme-mekanisme lelang yang sesuai dengan standar enterprise, institusi pemerintahan dan BUMN. Dan modul dashboard adalah modul yang memungkinkan pihak manajemen Aerofood ACS untuk mengakses informasi-informasi yang penting dan relevan dengan mudah dan akurat.

"Implementasi sistem E-Procurement di Aerofood ACS menunjukkan komitmen kami untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses pengadaan, meningkatkan akses pasar dan menciptakan persaingan usaha yang adil yang akan memungkinkan semua pihak yang memenuhi persyaratan dapat menjadi mitra bisnis kami, secara efektif dan efisien," katanya. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Digital Startup
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.