Ada Black Hole di Tata Surya Kita?

Senin, 30 September 2019 15:17 Reporter : Indra Cahya
Ada Black Hole di Tata Surya Kita? lubang hitam. ©2018 NASA

Merdeka.com - Di ujung tata surya kita, beberapa objek tak dikenal mengganggu orbit dari sebuah bingkahan es ketika mengelilingi matahari. Orbit bongkahan-bongkahan ini semuanya menuju arah yang sama dengan kemiringan yang sama pula. Hal ini menunjukkan bahwa ada satu tarikan yang menggiringnya.

Nah, para ilmuwan berpendapat bahwa pelakunya adalah Planet 9, atau seringkali disebut Planet X. Ini adalah sebuah planet misterius di sisi terluar tata surya kita, di mana planet ini juga mengelilingi matahari.

Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa tarikan gravitasi ini bisa juga berasal dari sebuah lubang hitam purba, yang ukurannya kecil dan disebut muncul sebagai dampak ledakan Big Bang.

Para ilmuwan menyebut, meski belum terkonfirmasi, lubang hitam semacam ini membentuk 80 persen alam semesta, dan tidak bisa dilihat kasat mata. Mereka mengetahui bahwa "meteri gelap" ini ada di alam semesta, karena tarikan gravitasinya selalu menarik benda-benda di seluruh alam semesta.

Melansir Business Insider yang mengutip ArXiv yang merupakan platform repositori riset online, Planet Nine adalah salah satu lubang hitam purba ini.

Baca Selanjutnya: Planet Nine...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sains
  3. Penelitian Luar Angkasa
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini