KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Ada asteroid sebesar 3 kali ukuran bus akan melintasi bumi

Rabu, 5 Maret 2014 12:03 Reporter : Dwi Andi Susanto
Asteroid © Dailymail.co.uk/Sebastian Kaulitzki/Science Photo Library/Corbis

Merdeka.com - Sekali lagi ancaman untuk bumi dari benda angkasa super besar lahir. Dikabarkan ada sebuah asteroid yang sedang melesat dengan lintasan hampir sejajar dengan bumi.

Asteroid yang dinamakan 2014 DX110 ini memiliki besar sekitar 3 kali bus tingkat di Inggris atau biasa disebut bus double decker yang diperkirakan akan melesat ke arah bumi besok sekitar pukul 21:07 GMT atau 16:07 EST atau tanggal 06 Maret 2014 pukul 04.07 WIB.

Seperti dikutip dari Daily Mail (04/03), walaupun para peneliti mengatakan bahwa asteroid satu ini hanya akan melintas di antara bumi dan bulan, namun jaraknya yang teramat dekat tersebut sangat mengkhawatirkan.

Diperkirakan, ketika melesat melewati bumi dan bulan, 2014 DX110 hanya akan berjarak sekitar 217 ribu mil atau 350 ribu dari permukaan bumi. Apabila ternyata lintasannya melenceng dan akhirnya menabrak bumi, maka tempat jatuhnya tersebut akan membentuk sebuah kawah dengan diameter sebesar 10 sampai 20 kali dari ukuran asteroid itu.

Selain melahirkan kawah besar, hempasan energi yang disebabkannya juga akan menyapu daerah-daerah di dekatnya secara keras. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Astronomi
  2. Planet Bumi
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.