7 Tips jitu rawat power bank agar tak gampang rusak atau meledak!

Senin, 25 Juli 2016 16:05 Reporter : Bramy Biantoro
7 Tips jitu rawat power bank agar tak gampang rusak atau meledak! Power Bank. © Merdeka.com

Merdeka.com - Apakah kamu penggemar game Pokemon Go? Jika iya, tentu kehadiran power bank sangat penting agar bisa berburu pokemon lebih lama. Namun sama dengan alat elektronik lain, power bank juga umur yang terbatas.

Sebelumnya perlu diketahui bila sebuah power bank memiliki umur berupa jumlah pengisian daya. Kebanyakan power bank mempunyai maksimal 500 kali charge. Bukan berarti setelah 500 kali dicharger power bank itu akan mati, tetapi kemampuannya untuk menyimpan energi listrik bakal turun. Bisa turun ke 80 persen atau lebih.

Tentu ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar power bank bisa lebih awet. Atau paling tidak agar penurunan kapasitas penyimpanan si power bank tidak jauh saat jumlah chargernya telah habis.

1. Charge power bank dengan daya listrik yang sesuai.

Misalnya 5 volt/2 ampere (5V/2A). Pengisian daya di bawah itu bisa merusak bateri dalam power bank, bahkan pada beberapa kasus meledak.

2. Charge power bank di suhu ruangan normal (25 derajat Celcius).

Suhu panas bisa berdampak negatif bagi power bank, memperpendek umurnya.

3. Jangan buat power bank 'kerja keras'

Contohnya adalah menggunakan power bank sambil mengisi dayanya atau memainkan aplikasi berat (misalnya game). Hal ini membuat power bank harus bekerja ekstra. Panas berlebih yang muncul saat bekerja dua kali lipat ini dapat merusak baterai power bank.

4. Jaga power bank agar selalu kering.

Kondisi lembab sekalipun bisa berbahaya bagi power bank karena bisa muncul uap air yang menyebabkan bagian dalam power bank berkarat.

5. Isi daya sesekali bila lama tak dipakai

Apabila kamu berencana untuk tidak memakai power bank dalam waktu lama (lebih dari satu bulan), ada baiknya untuk mengisi dayanya sesekali. Satu kali dalam sebulan cukup agar kapasitasnya tidak berkurang karena jarang dipakai.

6. Jangan isi ulang power bank terlalu lama

Kita pasti sering membiarkan power bank dicharge semalaman, terlebih power bank yang memiliki kapasitas besar di atas 10.000mAh. Akan tetapi cara ini lebih baik dihindari. Sebab mencharge semalaman meski si power bank sudah penuh bisa memicu overheat dan kerusakan internal.

7. Jangan sampai terjatuh

Ini mungkin tantangan tebesar bagi pemilik power bank. Bagi banyak orang, power bank terjatuh sudah menjadi hal biasa. Namun jatuh dari ketinggian lebih dari satu meter kerap menimbulkan kerusakan internal power bank. Tak salah bila kini banyak silicon case beredar untuk melindungi power bank. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tekno Tips
  3. TeknoTips
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini