6 Cara Mengecas iPhone Agar Lebih Cepat dan Tak Merusak Baterai

Selasa, 9 Juli 2019 13:53 Reporter : Indra Cahya
6 Cara Mengecas iPhone Agar Lebih Cepat dan Tak Merusak Baterai Ilustrasi Smartphone Tidak Mau Ngecas. ©2019 shopify.com

Merdeka.com - Mengecas smartphone adalah hal yang tidak sulit. Tinggal menancapkan charger ke sumber daya, selesai. Namun ada beberapa faktor pengisian daya yang membuat baterai Anda bisa terkuras dan lama kelamaan rusak.

Soal iPhone, hal ini harus lebih jadi perhatian. Bagaimana tidak, secara umum, kapasitas baterai iPhone jauh lebih kecil dibanding deretan smartphone Android yang ada. Bahkan, ini bukan berbicara soal model lawas, karena model terbaru pun tak membuat iPhone memiliki kapasitas baterai raksasa.

Nah, berikut deretan cara mengecas iPhone agar lebih cepat dan tak merusak baterai, seperti dilansir dari Business Insider.

1. Jangan Cas Dari Laptop

Mengecas menggunakan charger yang ditancapkan langsung ke colokan listrik adalah cara paling tepat untuk mengecas. Mengecas menggunakan kabel data yang tertancap ke laptop sama sekali tak disarankan.

Jika terpaksa, Anda hanya disarankan menggunakan powerbank, bukan mengecas menggunakan laptop.

2. Hindari Cas Nirkabel

Deretan iPhone terbaru mulai iPhone 8, X, serta XS, kesemuanya memiliki fitur pengecasan nirkabel. Namun hal ini punya risiko buruk yakni lamanya pengecasan.

Soal menurunnya kualitas baterai, sebenarnya belum terbukti, namun sebaiknya jika bisa dihindari, jangan lakukan pengecasan nirkabel.

3. Jangan Mengecas iPhone Dalam Keadaan Menyala

iPhone Anda akan terisi daya dengan lambat jika perangkat dalam keadaan menyala. Selain itu, kinerja baterai akan jadi ekstra karena tetap harus mengerjakan berbagai tugas dalam keadaan dicas. Dalam jangka panjang, ini akan mengurangi kesehatan baterai iPhone Anda.

4. Cas Dalam Keadaan Mode Pesawat

Setidaknya jika Anda tidak nyaman untuk mematikan perangkat iPhone Anda, mode pesawat bisa diaktifkan. Dengan ini, wifi dan juga data seluler pasti akan dimatikan dan tenaga yang dikeluarkan oleh perangkat tak akan signifikan.

5. Ketika Dicas Jangan Digunakan

Kesalahan terbesar pengguna ketika perangkat smartphone mereka dicas adalah sambil digunakan. Hal ini tak cuma akan menguras kesehatan baterai, namun juga membuatnya overheat dan ada potensi kecelakaan.

Dalam jangka panjang, umur baterai pun tak akan panjang dibuatnya, terlebih lagi iPhone keluaran lawas yang masih punya kapasitas kecil.

6. Cas di Tempat yang Sejuk

Tak bisa dimungkiri, baterai adalah produk kimiawi. Ketika baterai dicas, arus listrik menghasilkan reaksi kimiawi yang punya efek samping berupa panas. Oleh karena itu, jangan cas iPhone di tempat yang juga panas, seperti tempat outdoor dengan sinar matahari langsung.

Pasalnya, panas dari luar akan terjebak dalam iPhone dan ketika dipadu dengan panas baterai, overheat akan terjadi.

Untungnya, iPhone memiliki mekanisme berhenti mengecas bila perangkat mencapai 35 derajat Celcius. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Tekno Tips
  2. IPhone
  3. Smartphone
  4. Apple
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini