53,4 Persen Pengguna Internet di Indonesia Belum Pernah Belanja Online

Kamis, 16 Mei 2019 09:00 Reporter : Fauzan Jamaludin
53,4 Persen Pengguna Internet di Indonesia Belum Pernah Belanja Online Belanja online. © P2pmailing.co.uk

Merdeka.com - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) baru saja merilis hasil survei penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia tahun 2018. Salah satu hasil yang disurvei adalah pernah atau tidaknya pengguna internet melakukan belanja online.

Dari survei APJII menyebutkan bahwa 53,4 persen pengguna internet di Indonesia belum pernah melakukan belanja online di platform e-commerce Indonesia. Sementara, pengguna internet di Indonesia tahun 2018 telah mencapai 171,17 juta dari 264,16 juta penduduk Indonesia.

"Jadi bayangkan dari 171,17 juta pengguna internet Indonesia, 53,4 persen belum pernah belanja daring. Potensi ini, tentu bisa diconvert jadi e-commerce shoppers ya," ujar Sekjen APJII, Henri Kasyfi Soemartono kepada awak media usai memaparkan hasil survei tersebut di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Rabu (15/5).

Sementara itu, masih dari hasil survei APJII, menyebutkan bahwa platform e-commerce yang paling digandrungi pengguna internet untuk melakukan belanja online adalah Shopee. 11,2 persen pengguna internet menjawab Shopee sebagai tempat belanja online yang sering dikunjungi.

Lalu, disusul Bukalapak dengan 8,4 persen pengguna internet menjawab. Kemudian, Lazada dan Tokopedia. Masing-masing pengguna internet yang disurvei APJII menjawab 6,7 dan 4,3 persen belanja di kedua toko online tersebut.

Survei pengguna internet yang dilakukan APJII ini, menggunakan 5.900 sampel dengan margin of error 1,28 persen. Untuk pengumpulan data dilakukan wawancara dengan bantuan kuisioner. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling multistage random sampling.

Survei ini dilakukan mulai 9 Maret hingga 14 April 2019. Meski begitu, data sampel yang diwawancarai merupakan pengguna yang sudah menggunakan internet lebih dari 4 bulan sebelum dilakukan pendataan di lapangan. Hasil survei ini APJII bekerja sama dengan lembaga riset Polling Indonesia. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. E Commerce
  2. APJII
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini