5 Hal ini wajib dilakukan saat laptop jatuh menghantam lantai!

Jumat, 16 Januari 2015 15:05 Reporter : Bramy Biantoro
5 Hal ini wajib dilakukan saat laptop jatuh menghantam lantai! Ilustrasi laptop terjatuh. www.boldsky.com

Merdeka.com - Bukan hal yang menyenangkan saat Anda tengah asyik menggunakan laptop, tiba-tiba tidak sengaja kita menjatuhkannya dari pangkuan, apalagi bila laptop langsung meluncur menghantam lantai. Frustasi pasti, namun apa tindakan yang sebaiknya kita lakukan bila hal itu benar-benar terjadi?

Laptop memang bukan lagi barang mahal seperti dulu, namun laptop jatuh pasti membuat si empunya panik. Nah, sebaiknya saat kecelakaan itu terjadi usahakan Anda setenang mungkin. Sebab, tidak selamanya laptop yang jatuh mengalami kerusakan parah.

Pertama-tama ambil kembali laptop tersebut dengan hati-hati dengan menggunakan dua tangan. Jika laptop jatuh dalam kondisi tertutup sebaiknya saat membuka Anda lebih hati-hati dari biasanya. Kemudian lakukan 6 tips berikut.

1 dari 5 halaman

Cek kerusakan luar

Deretan port laptop. ©2013 Mashable.com

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat apakah ada kerusakan pada bodi atau layar laptop. Bila layar mengalami keretakan, secara otomatis Anda harus menggantinya.

Nah, bila yang terlihat mengalami kerusakan adalah bagian port USB, kabel monitor atau lainnya. Hal ini sering terjadi bila aksesoris seperti modem masih terpasang saat laptop jatuh. Celakanya hal itu adalah yang terburuk. 

Sebab, port pada laptop tersambung dengan motherboard. Jadi apabila salah satu port USB rusak, pilihannya hanya ada dua, mengganti motherboard atau membiarkan port itu rusak begitu saja. Ingat mengganti motherboard bukanlah sesuatu yang murah!

2 dari 5 halaman

Cek kondisi power laptop

Tombol power laptop. © Digitaltren

Kita memang tidak tahu kapan laptop akan terjatuh, tetapi perlu diketahui bila laptop yang jatuh dalam keadaan hidup biasanya akan mengalami kerusakan lebih parah ketimbang laptop yang tengah mati.

Apabila laptop tiba-tiba mati setelah terjatuh dalam kondisi hidup, bisa hampir bisa dipastikan bila motherboard-nya mengalami kerusakan.

Jika saat Anda hidupkan lagi laptop mengeluarkan suara aneh mirip suara ketukan, sebaiknya Anda coba matikan dan hidupkan kembali laptop. Hal itu biasanya menjadi tanda RAM rusak akibat benturan. Bila tetap tidak berhasil, segera bawa laptop ke tempat servis.

3 dari 5 halaman

Cek layar

Ilustrasi anak menggunakan laptop. ©Shutterstock.com/Christopher Meder

Meskipun layar tidak mengalami masalah bila dilihat dari luar, terdapat kemungkinan bila masalah terletak pada deretan pikselnya. Oleh karena itu, setelah laptop jatuh segera hidupkan dan lihat secara teliti apakah muncul bintik hitam, garis horizontal, atau retakan yang sebelumnya tidak ada.

Ingat, keberadaan bintik hitam kecil atau yang biasa disebut death pixel sekecil apapun bisa berubah menjadi besar. Bila tanda-tanda masalah di atas muncul, sebaiknya segera ganti layar LCD laptop Anda.

4 dari 5 halaman

Cek sistem operasi

Logo Windows. ©2013 Merdeka.com

Apakah saat menghidupkan kembali laptop yang terjatuh muncul suara gesekan aneh pada laptop? Bila sumber suara itu bukan kipas laptop, maka kemungkinan hard disk Anda rusak. Pada kerusakan ringan, masalah hard disk terlihat bila laptop sering 'hang' atau tidak bisa melewati booting awal sama sekali.

Untuk menyembuhkanya, biasanya laptop harus di instal ulang. Tentu saja hal ini dapat membuat data Anda hilang, tetapi memang tidak ada cara lain. Memang jauh lebih baik kita mempunyai cadangan data sebelum hal-hal seperti ini terjadi pada laptop kesayangan.

5 dari 5 halaman

Backup data

Ilustrasi backup data. shutterstock

Nah, bila yang terjadi adalah laptop bisa menyala seperti biasa namun sering hang, ada kemungkinan hard disk terkena bad sector. Sebelum terlambat, segera simpan data (backup) Anda di tempat lain, karena hard disk tersebut biasanya akan rusak total.

Backup disarankan lewat flash disk atau burning data di DVD atau CD. Bila data terlalu banyak, Anda bisa memanfaatkan media penyimpanan awan atau cloud.

Kemudian jangan lupa segera mengganti hard disk dengan yang baru. Tetapi jangan buru-buru membuat hard disk yang terkena bad sector tadi. Sebab, meski tidak bisa dipakai di laptop, hard disk tersebut tetap bisa dipakai untuk sebagai hard disk eksternal. Yang perlu Anda lakukan adalah membeli sebuah enclosure atau casing hard disk.

Jadi, mungkin langkah terpenting setelah laptop terjatuh adalah segera menyelamatkan data Anda bila laptop masih bisa menyala. Banyak data yang sering kita tidak sadari lebih berharga dari uang. [bbo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini