5 Fitur Andalan Gmail yang Tak Banyak Diketahui Orang

Senin, 3 Desember 2018 16:32 Reporter : Indra Cahya
5 Fitur Andalan Gmail yang Tak Banyak Diketahui Orang Ilustrasi Gmail. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Tentu Anda adalah salah satu dari jutaan orang yang menggunakan layanan Gmail. Tak perlu dipungkiri kalau Gmail adalah layanan email paling populer saat ini.

Namun, meski pengguna yang bertahun-tahun menggunakan Gmail, nampaknya masih banyak yang tidak mengetahui deretan fitur yang sebenarnya tidak rahasia, namun jarang digunakan. Padahal, ketika Anda menggunakannya, pengalaman menggunakan Gmail akan lebih mudah.

Apa saja fitur rahasia tersebut? Melansir Tekno Liputan6.com berikut 5 fitur rahasia di Gmail yang sangat fungsional.

1. Cara Urutkan Email

Jika Anda melihat angka jumlah inbox di dekat menu Settings, Ternyata saat diklik, Anda bisa mengurutkan email dari yang paling lama hingga ke yang terbaru atau sebaliknya.

2. Prioritaskan Inbox

Di Gmail, Anda dapat melihat email yang masuk berdasarkan paling penting, belum dibaca, yang dibintangi, dan dibagi-bagi berdasarkan ketiga hal sebelumnya.

Bagaimana caranya? Cukup mudah, yang perlu dilakukan adalah geser kursor mouse ke kanan inbox di Gmail untuk memperlihatkan sebuah panah kecil. Klik panah tersebut untuk memunculkan opsi tipe inbox, seperti Default, Important First, Unread First, dan Priority Inbox.

3. Bikin Grup dari Kontak

Jika Anda sering kirim email ke banyak orang dalam waktu bersamaan, ada cara yang lebih mudah ketimbang harus mengetikkan seluruh alamat email penerima satu persatu.

Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat grup. Yang perlu dilakukan cukup buat email seperti biasa, lalu klik kata "To" di awal kolom dan akan muncul jendela panel "Select Contacts". Pilih siapa-siapa saja yang ingin kamu masukkan ke dalam grup, lalu klik "Save as group", dan jangan lupa untuk memberi nama grup tersebut.

4. Tampilkan Hanya Email yang Belum Dibaca

Ini merupakan salah satu cara yang sering dilupakan oleh banyak pengguna Gmail. Anda dapat mencari email yang belum dibaca dengan mengetikkan "is: unread" di kolom pencarian.

5. Cari Email Lawas

Seperti di atas, banyak pengguna email yang masih tidak mengetahui bagaimana caranya mencari email dengan tanggal, bulan, dan tahun yang spesifik. Google menghadirkan fitur tersebut dengan menggunakan tag "after:" dan "before:" di kolom pencarian.

Ambil contoh bilamana Anda ingin mencari email sebelum atau sesudah 2015. Kamu bisa ketikkan "before:2015" di kolom pencarian, dan email sebelum tahun tersebut akan ditampilkan.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara "older_than:" dan "newer_than:" untuk mencari email tertentu. Jika kamu memasukkan "older_than:2y" Gmail akan menampilkan email yang usianya lebih dari 2 tahun lalu. Kamu bisa gunakan "m" untuk bulan, "d" untuk hari.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Iskandar [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Tekno Tips
  3. Top List
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini