TeknoTips

5 Cara ampuh buat umur laptop lebih tahan lama

Selasa, 21 Januari 2014 00:55 Reporter : Dwi Andi Susanto
5 Cara ampuh buat umur laptop lebih tahan lama Laptop © 2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Walaupun sekarang ini sudah banyak orang yang memakai smartphone, phablet atau tablet dalam aktivitas sehari-hari, bukan berarti laptop menjadi ditinggalkan.

Memang dari penjualannya, perangkat elektronik seperti laptop sedikit melaju perlahan karena kedigdayaan perangkat mobile di pasaran. Namun, masih banyak yang menggunakan laptop untuk keperluan seperti di kantor atau di cafe.

Untuk itu, bagi pengguna laptop, pastinya tidak ingin mengalami hal yang tidak mengenakkan, contohnya laptop tiba-tiba hang atau mati secara mendadak ketika sedang digunakan. Oleh karenanya diperlukan cara khusus untuk penanganannya.

Berikut 5 cara mudah yang dapat dilakukan untuk membuat umur laptop lebih tahan lama.

2 dari 6 halaman

Jauhkan dari sinar matahari langsung

sinar matahari langsung rev2Laptop. ©2014 Merdeka.com

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, ada baiknya Anda untuk menghindarkan laptop khususnya layar monitornya terhadap sinar matahari langsung. Sinar matahari dikhawatirkan dapat memanaskan suhu di dalam perangkat dan membuatnya rusak.

Topik pilihan: Komputer PC | smartphone

3 dari 6 halaman

Jangan langsung digunakan ketika pindah tempat

digunakan ketika pindah tempat rev2Laptop. ©2014 Merdeka.com

Disarankan untuk tidak langsung menggunakan atau mengaktifkan apalagi langsung mengoperasikan laptop yang awalnya digunakan di suatu ruangan atau tempat dengan suhu tinggi dan harus pindah ke tempat dengan suhu lebih rendah atau lebih tinggi.

Pengguna dari laptop juga disarankan untuk menunggu beberapa saat agar suhu di dalam laptop sedikit turun dan mendingin. Hal ini berfungsi untuk melepaskan hawa panas yang terperangkap di dalam box perangkat.

Topik pilihan: Komputer PC | smartphone

4 dari 6 halaman

Matikan aplikasi yang rakus baterai

yang rakus baterai rev2Laptop. ©2014 Merdeka.com

Ada kalanya dari semua aplikasi yang digunakan, satu atau beberapa di antaranya sangat rakus terhadap baterai atau dapat menguras tenaga baterai dengan cepat.

Oleh karenanya, disarankan untuk mematikan aplikasi-aplikasi rakus tersebut ketika perangkat sudah mulai menunjukkan gelagat panas.

Topik pilihan: Komputer PC | smartphone

5 dari 6 halaman

Gunakan pendingin eksternal

eksternal rev2Laptop. ©2014 Merdeka.com

Memang secara maksimal penggunaan pendingin eksternal atau luar tidak begitu banyak membantu, namun setidaknya, dengan menggunakan pendingin eksternal contohnya saja kipas angin atau fan dapat sedikit memberikan kesejukan ketika laptop menjadi panas.

Topik pilihan: Komputer PC | smartphone

6 dari 6 halaman

Matikan laptop ketika tidak digunakan

ketika tidak digunakan rev2Laptop. ©2014 Merdeka.com

Mematikan laptop ketika tidak sedang digunakan dalam jangka waktu lama juga dapat menghemat usia perangkat. Secara umum, semua perangkat elektronik memiliki batas umur dan hal tersebut tergantung dari pemakaiannya.

Oleh karenanya apabila tidak digunakan, janganlah melakukan locking atau hibernate atau sejenisnya dan lebih disarankan untuk mematikan perangkat.

Baca juga:
Tips buat smartphone Android jadi hotspot WiFi
Cara pulihkan akun Facebook yang terkena serangan auto-posting
Cara bedakan smartphone asli dan palsu
Jangan 'panggang' atau 'bekukan' iPhone
Tips bersihkan touchscreen dari bekas sidik jari

[das]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini