5 Cara agar layar smartphone tidak cepat tergores dan rusak

Jumat, 24 Januari 2014 01:00 Reporter : Alvin Nouval
5 Cara agar layar smartphone tidak cepat tergores dan rusak Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Robert Kneschke

Merdeka.com - Saat ini, memang sudah banyak smartphone yang menerapkan Gorilla Glass atau teknologi serupa untuk menjaga ketahanan layar sentuh. Namun, bagi beberapa smartphone, fitur itu masih belum diterapkan.

Padahal, layar sentuh smartphone merupakan salah satu bagian yang sangat rapuh dan rentan sekali rusak entah itu akibat penggunaan ataupun kecelakaan. Oleh karenanya, penanganan yang benar harus dilakukan untuk menjaga keawetannya.

Lantas, apa saja yang perlu kita lakukan agar layar sentuh smartphone tetap mulus dan tidak retak? Simak ulasannya berikut ini seperti dilansir Wiki How.

1 dari 5 halaman

Pasang pelindung layar

Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/patrisyu

Pelindung layar atau screen guard adalah hal penting yang harus dipasang pada ponsel layar sentuh saat pertama kali dibeli. Meskipun layar Anda sudah terlindung Gorilla Glass, tetap saja pengamanan tambahan ini masih diperlukan.

Pasalnya, banyak pengguna ponsel, termasuk merk high-end, mengalami masalah karena menyepelekan hal tersebut dengan anggapan ponselnya aman berkat Gorilla Glass. Padahal, teknologi sekuat Gorilla Glass sampai saat ini masih bisa rusak akibat debu.

2 dari 5 halaman

Hindari kuku

Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/patrisyu

Banyak dari kita menyentuh layar smartphone dengan kuku. Padahal, hal ini harusnya mulai dihindari.

Bagian tajam dari kuku kita bisa saja meninggalkan bekas di layar. Jika kuku tersebut terlalu tajam, maka layar pun bisa retak atau tergores.

Perlu diingat, layar sentuh didesain untuk jari, bukan kuku.

3 dari 5 halaman

Jangan menekan terlalu keras

Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Kostenko Maxim

Sensor layar sentuh saat ini, termasuk ponsel murah sekalipun, sudah sangat modern. Sehingga, meskipun kita tidak terlalu kuat menekannya, sensor sudah bisa menjalankan perintah yang dimaksud.

Cukup sentuh saja layar saat bernavigasi di layar sentuh. Tak perlu menekannya terlalu keras seperti saat menekan tombol keyboard.

4 dari 5 halaman

Jauhkan dari cahaya matahari langsung

Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Kostenko Maxim

Terlalu lama terekspos cahaya matahari bisa merusak lapisan gel tipis yang terdapat di layar sentuh. Padahal, gel ini penting untuk menjadi perantara antara layar dengan ponsel.

Oleh karenanya, hindari penggunaan di bawah terik matahari. Selain itu, jangan taruh ponsel di dasbor mobil karena efeknya juga sama.

5 dari 5 halaman

Bersihkan dengan cara yang tepat

Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Quintanilla

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk membersihkan layar smartphone. Anda bisa melihatnya di sini. Intinya, gunakan bahan yang halus dan kering.

[nvl]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini