4 Strategi Kembangkan Bisnis UMKM di Pedalaman dengan Memanfaatkan Teknologi Digital

Selasa, 4 Oktober 2022 20:00 Reporter : Wuri
4 Strategi Kembangkan Bisnis UMKM di Pedalaman dengan Memanfaatkan Teknologi Digital 4 Strategi Kembangkan Bisnis UMKM di Pedalaman dengan Memanfaatkan Teknologi Digital. ©Shutterstock

Merdeka.com - Era digital 4.0 yang terus berkembang memang banyak membuka peluang baru untuk masyarakat. Salah satunya adalah prospek bisnis digital yang berkembang pesat seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat sejak era pandemi.

Sayangnya, selama ini pengembangan UMKM baru terbatas yang ada di kota-kota besar saja, terutama di Pulau Jawa. Sebagai pelaku bisnis UMKM di area pedalaman seperti Kalimantan atau kawasan Indonesia Timur lainnya, mungkin merasa sulit untuk bersaing. Namun, bukan berarti bisnis UMKM di luar pulau nggak bisa berkembang. Yuk, intip beberapa strategi jitunya!

Investasi Jaringan Internet yang Mumpuni, Mengingat Koneksi adalah Kunci

Bukan rahasia lagi, infrastruktur telekomunikasi khususnya internet memang belum menyebar merata di kawasan pedalaman yang ada di tanah air. Dari data Kemenkeu ditemukan bahwa masih ada sebanyak 84ribu desa blankspot, sehingga akses telekomunikasi termasuk internet masih sangat sulit di area tersebut.

Padahal, untuk mengembangkan UMKM di wilayah pedalaman harus didukung dengan jaringan internet yang handal. Lewat internet inilah para pelaku UMKM bisa belajar lebih jauh tentang pemasaran digital sekaligus mengembangkan bisnis mereka agar lebih dikenal masyarakat secara luas. Menyiasati blankspot yang masih jadi tantangan tersendiri, internet berbasis satelit menjadi solusi terbaik untuk wilayah kepulauan dan wilayah dengan kontur berbukit, yang jadi kendala jaringan broadband.

4 strategi kembangkan bisnis umkm di pedalaman dengan memanfaatkan teknologi digital
©Instagram/petroone.official

Kabar baiknya, kini para pelaku UMKM di pedalaman memiliki pilihan untuk menggunakan jaringan internet broadband berbasis satelit untuk memudahkan promosi bisnis secara digital, seperti yang dihadirkan oleh Bintang Broadband by Petro One Indonesia - Powered by Kacific. Kenapa harus memilih koneksi yang satu ini?

Inilah pelopor satelit KA Band dengan kapasitas satelit yang besar dan harga yang jauh lebih terjangkau. Selain itu, Bintang Broadband by Petro One Indonesia - Powered by Kacific didukung oleh teknologi terbaru di industri satelit, yaitu KA Band High Throughput Satellite (HTS). Teknologi tersebut memungkinkan kapasitas akses data lewat satelit bisa jauh lebih besar dari kapasitas yang saat ini banyak digunakan.

Untuk berlangganan Bintang Broadband by Petro One Indonesia - Powered by Kacific, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau yaitu mulai Rp 1,7 jutaan sehingga cocok digunakan untuk mengembangkan UMKM.

Buka Toko Online untuk Memperluas Jangkauan

Jika sudah berinvestasi pada jaringan internet yang Fast, Affordable & Reliable dari Bintang Broadband by Petro One Indonesia - Powered by Kacific, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mulai membuka toko online untuk memperluas jangkauan. Nggak perlu ribet membuat website sendiri, gabung saja menjadi seller di berbagai marketplace ternama yang bisa membantu membuat produkmu dikenal lebih banyak orang.

Pelajari Cara Promosi di Media Digital

Walaupun sudah memiliki toko online di marketplace, tapi nggak hanya sampai di situ saja. Kamu tetap perlu melakukan promosi untuk lebih memperkenalkan produk yang dijual sekaligus menarik pelanggan untuk membeli produk.

Manfaatkan berbagai akun media sosial dengan berbagai konten menarik untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan. Jangan lupa tebar promo dengan flash sale, diskon, cashback, atau promo besar-besaran di festival belanja kembar yang bisa memancing orang untuk beli produkmu.

Update dengan Tren Terbaru dan Terus Berinovasi

Ini dia salah satu strategi mengembangkan bisnis di era digital, yaitu selalu update dengan tren terbaru. Untuk itulah penting banget mengakses informasi setiap saat, seperti mengamati timeline di media sosial untuk mencari tahu apa saja yang sedang ramai dibicarakan atau banyak dicari orang.

Boleh saja produk jualanmu adalah barang khas daerah, seperti kain batik atau kain tradisional daerah tertentu. Tapi, jangan lupa berinovasi sesuai dengan zaman misalnya dengan mengulik model fashion kekinian yang cocok dikombinasikan dengan kain tersebut. Jadi, pasar yang dijangkau bisa makin luas, bisnis pun berkembang.

Dari beberapa tips di atas, bisa disimpulkan bahwa mengembangkan UMKM di daerah pedalaman bisa dilakukan dengan berinvestasi pada jaringan internet yang tepat, seperti yang ditawarkan Bintang Broadband by Petro One Indonesia - Powered by Kacific. Cari tahu informasi selengkapnya dengan klik di sini.

[wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Internet Indonesia
  3. Copywriter
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini