4 Smartphone papan atas jadul yang kini harganya terjangkau

Kamis, 12 April 2018 06:00 Reporter : Indra Cahya
4 Smartphone papan atas jadul yang kini harganya terjangkau Samsung Galaxy S9 vs iPhone X. ©2018 Phonearena.com

Merdeka.com - Jika kita berbicara harga smartphone tipe flagship atau papan atas, jangan harap untuk mendapatkan harga yang terjangkau kantong untuk membawanya pulang.

Meski kini pasar smartphone sudah dipenuhi produk-produk-produk vendor China yang terkenal murah, namun ternyata kualitas tak bisa dibayar dengan murah. Produk dari vendor China seperti Huawei P20 Pro bisa dibanderol hingga 15 juta.

Padahal, menurut badan Pusat Statistik (BPS) rata-rata gaji di Indonesia berada di angka Rp 4 juta per bulan pada 2017.

Sekarang, smartphone flagship didominasi oleh Samsung dan Apple. Harganya? Samsung S9 Plus mematok harga Rp 12 jutaan, dan harga iPhone X sekitar Rp 19 juta.

Tentu Anda tak dengan mudahnya rela untuk menghabiskan gaji untuk membeli smartphone flagship. Cara paling mudah tentu menunggu harganya turun. Sebab ada kasus-kasus smartphone mahal dan keren, tapi harganya sudah turun drastis.

Bila Anda tertarik untuk membelinya, melansir Liputan6.com, berikut beberapa di antaranya:

1 dari 4 halaman

Xiaomi Mi5

Xiaomi Mi 5. ©2016 YouTube/Xiaomi/Merdeka.com

Xiaomi Mi5 merupakan hp flagship dari Xiaomi yang dirilis tahun 2016 dan walaupun sudah ketinggalan sekitar hampir 2 tahun, nyatanya smartphone ini masih layak untuk dibeli.

Smartphone ini dibekali dengan chipset berkualitas dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 820 yang telah terbukti performanya untuk melibas segala aktivitas termasuk bermain gim berat.

Ditambah lagi desain yang dimiliki sangat keren untuk dibawa kemana-mana. RAM-nya sendiri sebesar 4 GB.

Smartphone ini memiliki harga Rp 4-5 jutaan saat rilisnya tahun 2016 dan sudah turun dengan harga termurah di bawah Rp 3 jutaan yang dapat kamu cari di beberapa retailer toko online dengan garansi distributor karena produk ini tidak masuk resmi ke Indonesia.

2 dari 4 halaman

iPhone 5S

iPhone 5S. © Taobao.com

iPhone 5S merupakan smartphone flagship dari merek ternama Apple yang diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2014.

Jika dilihat dari spesifikasi, iPhone 5S ini memanglah sudah sangat ketinggalan zaman, namun berkat dari eksklusifitas software dari Apple, spek yang terkesan ketinggalan ternyata masih kuat karena nyatanya lagging akan sulit kamu jumpai di iPhone 5S.

Smartphone ini memilki harga rilis dari Rp 10-13 jutaan dan sekarang sudah terjun bebas ke angka 2 jutaan saja.

Jadi bagi kamu yang tidak peduli pada spek dan ingin tampil keren dengan membawa smartphone berlogo apel yang digigit, maka iPhone 5S ini sangat layak untuk kamu beli.

3 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Note 4

Samsung Galaxy Note 4. ©2014 Merdeka.com

Samsung Galaxy Note 4 dirilis tahun 2014 dan memiliki fitur-fitur keren yang susah dicari untuk smartphone di kisaran harga yang sama sekarang ini.

Smartphone ini memiliki banyak fitur keren seperti S-Pen yang tentu sudah menjadi unggulan untuk seri Note Samsung, kamera 16mp dengan sensor CMOS, dan juga sensor detak jantung yang sangat sulit dijumpai.

Awalnya, Galaxy Note 4 dirilis dengan harga Rp 9,5 juta dan sudah anjlok ke angka Rp 4-5 jutaan, namun untuk versi di Indonesia belum dilengkapi dengan konektivitas 4G.

4 dari 4 halaman

Sony Xperia Z5

Sony Xperia Z5. ©2015 Merdeka.com

Sony Xperia Z5 merupakan smartphone flagship yang dirilis tahun 2015 dengan fitur-fitur keren yang dibawanya seperti tahan air dan debu.

Selain itu, kamera Sony Xperia X5 memiliki fitur autofokus yang ada di kamera Alpha dari Sony, dimana dapat mengambil fokus dengan kecepatan sampai 0,003 detik.

Sony Xperia X5 ini sudah memiliki dapur pacu Qualcomm Snapdraagon 810, dan awalnya dirilis dengan harga 10 jutaan, tapi sekarang dapat Anda bawa pulang dengan harga Rp 4 jutaan dengan status baru.

Sumber:  Liputan6.com (Tommy Kurnia) [idc]

Baca juga:
Di 2019, Apple dirumorkan rilis iPhone dengan tripel kamera!
Awas, 5 aplikasi Android ini bikin kuota cepat habis!
LG siapkan smartphone premium G7ThinQ awal Mei

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini