4 Fitur Kamera yang Harusnya Jadi Standar di Smartphone 2019

Jumat, 16 Agustus 2019 16:40 Reporter : Indra Cahya
4 Fitur Kamera yang Harusnya Jadi Standar di Smartphone 2019 Samsung Galaxy Note 10 dan 10+. ©2019 cnet.com

Merdeka.com - Kita sudah melihat banyak sekali fitur dan teknologi fotografi yang menarik di 2019 ini. Mulai dari Adanya kamera dengan resolusi tinggi, hingga adanya tripel kamera.

Belum lagi adanya kamera flip dan juga kamera yang punya kemampuan zoom digital yang luar biasa. Yang Jelas, fitur fotografi mobile kini tak bisa lagi dipandang sebelah mata soal kualitas.

Oleh karena itu, faktor kamera jadi sesuatu yang penting untuk ada di smartphone secara standar.

Nah, berikut ini adalah deretan fitur kamera yang harusnya jadi standar di smartphone keluaran tahun ini, terlebih lagi tahun-tahun mendatang. Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Modus Malam

Modus malam atau Night Mode adalah fitur yang dipioniri Google Pixel, Huawei, OnePlus, serta Xiaomi. Fitur ini berbasis pembelajaran mesin serta dipadu dengan lensa dengan bukaan besar. Akhirnya, beberapa pabrikan juga mengusungnya, seperti ASUS, Motorola, serta Samsung.

Namun kita masih melihat banyak sekali smartphone yang tidak mengusung fitur ini. Paling jelas, iPhone serta merek yang sangat menjunjung kualitas kamera yakni Sony.

Tentu lebih baik jika modus malam bisa diaplikasikan ke semua lapisan segmentasi smartphone.

2 dari 4 halaman

Mode Manual

Modus manual atau pro sudah banyak diaplikasikan di smartphone. Kita bisa menemuinya di Sony, banyak Xiaomi. Dengan mode manual, Anda bisa mengatur ISO, eksposur, kecepatan shutter, dan banyak lagi lainnya.

Namun mode ini tak bisa kita temui di smartphone papan atas seperti iPhone dan Pixel. Padahal, keduanya juga menjunjung tinggi kehebatan kameranya.

3 dari 4 halaman

Hybrid Zoom

Huawei dan Oppo adalah pionir kamera dengan zoom hybrid. Tahun ini, keduanya merilis kamera yang mampu 'nge-zoom' hingga 5x bahkan 10 tanpa membuat kualitas gambar jadi pecah.

Ini adalah fitur berbasis software, sehingga dengan beberapa riset, pengembangan, dan pemantapan aset yang lebih gigih, harusnya setiap smartphone mumpuni untuk mengusung teknologi ini ke depannya.

4 dari 4 halaman

Selfie Kamera Dengan Autofokus

Percaya atau tidak, tidak semua smartphone papan atas punya autofokus. iPhone, Huawei P30 Pro, OnePlus 7 Pro, dan Xiaomi Mi Mix 3 adalah di antaranya. Hal ini membuat kesemuanya hanya sekadar memiliki kamera selfie dengan fokus yang fix.

Hal ini bukan merupakan ide bagus. Seringkali, wajah Anda tak akan fokus ketika berswafoto, entah karena terlalu jauh atau terlalu dekat dalam menggenggam gadget Anda. Ini berlaku juga ketika foto beramai-ramai dan salah satu teman Anda buram. [idc]

Baca juga:
Samsung Rilis Smartphone Baterai Graphene Tahun Depan, Cas Hitungan Menit!
Smartphone Lipat Diprediksikan Tembus 50 Juta Unit di Tahun 2024
Advan Rilis Smartphone G2 Pro Harga Rp 1 Jutaan
Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G Sabet Gelar Kamera Smartphone Terbaik Saat Ini
Samsung Perkenalkan Galaxy A10s, HP Sejutaan Saingan Berat Realme dan Redmi
Smartphone Oppo Nomor Satu di Indonesia per Kuartal II 2019
Realme 5 Akan Segera Dirilis, Smartphone Empat Kamera 64MP!

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Top List
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini