4 Ciri Utama Smartphone Android Kamu Terinfeksi Spyware

Minggu, 2 Oktober 2022 05:51 Reporter : Merdeka
4 Ciri Utama Smartphone Android Kamu Terinfeksi Spyware Ilustrasi Malware. ©2019 hellotech.com

Merdeka.com - Di era serba digital, terkadang kita lalai terhadap keamanan perangkat utama yang mendukung pekerjaan. Salah satunya smartphone. Tak disadari spyware sudah masuk dan siap mengeksploitasi isi ponsel.

Seperti kejadian yang ramai akhir-akhir ini tentang pejabat pemerintah negeri ini yang diduga telah ditargetkan menjadi korban spyware. Lantas, seperti apa cara kita mendeteksi smartphone terinfeksi spyware? Avast memberikan ciri-ciri yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut:

1. Terjadi Perlambatan Kinerja Smartphone
Ketika aplikasi apapun dibuka, membutuhkan waktu yang lebih lama. Kemudian, sistem operasi smartphone Anda tampak bermasalah. Banyak sekali aplikasi yang tak bisa dibuka. Pada akhirnya Anda merasakan kinerja smartphone melambat.

2. Baterai dan Data Lebih Cepat Habis
Perangkat lunak spyware berjalan dengan tenang, bertujuan untuk tetap tersembunyi. Namun, persembunyiannya ini banyak memakan energi baterai dan data ekstra besar. Sehingga, paket data Anda cepat habis.

2 dari 2 halaman

3. Tiba-tiba Ada Aplikasi Misterius

Biasanya terdapat aplikasi yang muncul dan terinstal di smartphone tanpa kita ketahui. Aplikasi itu ternyata membuat banyak pengaturan berubah, seperti munculnya pop-up yang aneh-aneh. Ini bisa diindikasikan smartphone Anda terjangkit spyware.

4. Smartphone Berasa Panas Berlebihan
Penggunaan telepon normal menyebabkan sedikit kehangatan, tetapi malware dapat menyebabkan telepon Anda menjadi terlalu panas lebih dari biasanya.

Empat hal ini rasanya perlu Anda perhatikan supaya lebih cepat menangani bila ada dugaan smartphone terjangkit spyware.

[faz]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini