4 Cara Cek Kualitas Smartphone Bekas, Awas Salah Beli!

Sabtu, 23 November 2019 11:07 Reporter : Indra Cahya
4 Cara Cek Kualitas Smartphone Bekas, Awas Salah Beli! ilustrasi Smartphone. ©2017 mashable.com

Merdeka.com - Membeli smartphone bekas adalah salah satu pilihan terbaik untuk memiliki perangkat papan atas dengan harga murah. Meski demikian, kita tentu sadar bahwa membeli perangkat bekas datang dengan risiko.

Mendapatkan smartphone bekas yang bagus bukan perkara mudah, apalagi kini banyak penjual smartphone bekas yang 'mengoprek' perangkat dengan sempurna agar terlihat seperti baru sekaligus menyembunyikan kelemahan-kelemahannya.

Nah, sebelum Anda membeli, berikut langkah-langkah agar tidak tertipu membeli smartphone bekas yang gampang rusak. Simak yuk!

1 dari 4 halaman

Siapkan Alat Pengecekan

Untuk menghindari membeli smartphone bekas yang ternyata kualitasnya buruk, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan meliputi pengecekan bodi hingga aplikasi di dalamnya.

Tapi sebelum itu, akan lebih baik Anda membawa barang-barang berikut saat ingin mengecek atau membeli smartphone bekas.

  • Powerbank
  • Kartu microSD
  • Headphone
  • Kartu SIM aktif (dua bila perlu)
  • Earphone
2 dari 4 halaman

Detil Eksterior dan Port

Sebelum menyalakan smartphone bekas yang akan dibeli, lebih dulu cek bagian luar smartphone, terutama layar. Amati apakah terdapat banyak goresan pada layar dan lensa kamera menggunakan senter agar mudah terlihat.

Jangan lupa cek tombol apakah saat ditekan terasa normal. Raba seluruh permukaan smartphone untuk mencari apakah ada lekukan bekas benturan. Perhatikan apakah ada bagian casing yang tidak tertutup sempurna (tanda smartphone pernah jatuh).

Kemudian, cek slot microSD dan SIM, sembari melihat apakah ada cacat. Anda juga perlu mengawasi adanya bercak putih atau bahkan karat tanda bila si smartphone pernah terkena air bagian dalamnya. Periksa apakah slot kartu SIM atau microSD pada kondisi normal, tidak bengkok atau mempunyai noda bekas air.

3 dari 4 halaman

Cek Fungsi Smartphone

Sebelum menghidupkan, pastikan Anda memasang kartu SIM dan microSD. Saat menghidupkan, amati apakah proses booting berjalan normal, tidak terlalu lama.

Apabila kartu SIM dan microSD terbaca dengan sempurna, gunakan smartphone untuk mengirim SMS, telepon, dan konek ke internet. Tidak lupa coba colokkan headphone jack dengan earphone untuk mendengarkan lagu, serta port charger dengan powerbank yang Anda bawa. Pastikan semua berfungsi normal.

4 dari 4 halaman

Uji Performa Secara Manual

Jangan ragu untuk mengaktifkan semua aplikasi yang ada di smartphone, dan rasakan apakah performanya sudah seperti yang Anda harapkan.

Apabila terdapat banyak lag dan terlihat performa layar yang buruk atau tak responsif, ada peluang bila kualitasnya buruk. Dengan ini, Anda bisa meminta korting karena performa yang telah menurun.

Teliti pula info smartphone dengan seksama dengan menekan tombol *#*#4636#*#* pada aplikasi telepon. Hal ini bisa membuka informasi ke smartphone, baterai, sensor, dan lain-lain. Dari sini bisa terlihat apakah perangkat adalah smartphone orisinal atau bukan. [idc]

Baca juga:
Cara Tarik Tunai di ATM Dengan Smartphone
Tips Berkendara Dengan Grabwheels Dengan Aman dan Nyaman, Simak Yuk!
Cara Buka Tab di Browser Chrome yang Sudah Tertutup
Cara Kompres File PDF, Kecilkan Ukuran Dokumen Cuma 1 Menit!

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini