39 Produk Apple tak lagi ramah lingkungan

Selasa, 10 Juli 2012 11:02 Reporter : Destriyana
39 Produk Apple tak lagi ramah lingkungan MacBook Pro dipuji sebagai salah satu produk ramah lingkungan dari Apple. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Produk Apple tak lagi ramah lingkungan. Hal ini terkait permintaan Apple kepada Electronic Product Environmental Assessment Tool (EPEAT), lembaga registri global untuk elektronik ramah lingkungan, tentang penghapusan sertifikat green dari 39 produknya.

Menurut CIO Journal, blog Wall Street Journal, permintaan tersebut diajukan menjelang akhir bulan lalu. Menanggapi permintaan Apple, EPEAT merilis pengumumannya minggu lalu.

Standar green ditetapkan oleh produsen, kelompok advokasi, dan lembaga pemerintahan, yang menyatakan bahwa produk green harus bisa didaur ulang. Itu berarti perusahaan elektronik harus membongkar produk mereka dan memisahkan komponen beracun, seperti baterai. Sayangnya, desain baru Apple tidak memenuhi standar tersebut.

"Apple mengatakan bahwa arah desain mereka tak lagi konsisten dengan persyaratan EPEAT," kata Robert Frisbee, CEO EPEAT, seperti dilansir CIO Journal.

"Mereka adalah pendukung penting dalam program go green. Dan, kami kecewa Apple tidak ingin produknya diukur dengan standar ini lagi."

Apple sempat dipuji karena mengeluarkan produk ramah lingkungan, terutama MacBook Pro. Produk Apple yang satu ini dapat menyimpan energi secara efisien, didaur ulang, dan mengandung racun lebih sedikit. Bahkan, Apple ikut ambil bagian dalam sebuah situs web yang ditujukan untuk program daur ulang, dengan fokus pada dampak kecil terhadap lingkungan.

Setujukah Anda dengan langkah yang diambil Apple? Tulis komentar Anda di bawah ini! [des]

Topik berita Terkait:
  1. Apple
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini