3 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal Wifi Rumah, Sudah Coba?

Selasa, 23 Maret 2021 18:47 Reporter : Indra Cahya
3 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal Wifi Rumah, Sudah Coba? Linksys perluas produk router dengan memperkenalkan WiFi-6 Router Linksys E7350. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketika bekerja dan beraktivitas menggunakan internet dari rumah, kerap kali internet jadi makin lemah sinyalnya tanpa alasan tertentu. Ini merupakan hal yang kurang nyaman, mengingat aktivitas yang terganggu ini sangat bergantung dengan sinyal internet.

Biasanya sinyal internet dari WiFi yang dipasang menurun atau bahkan hilang. Belum lagi jika ternyata sinyal WiFi yang dipasang tidak sampai ke ruang kerja atau belajar Anda.

Berikut deretan cara untuk memperkuat sinyal wifi di rumah. Melansir Tekno Liputan6.com, berikut ulasannya!

1. Gunakan WiFi Repeater

Penguat sinyal WiFi atau WiFi repeater kini telah banyak menjadi solusi bagi Anda yang memiliki jaringan WiFi rumahan. Fungsinya, memperkuat sinyal WiFi dari router yang jaraknya cukup jauh dari kamar Anda.

Dengan harapan sinyal WiFi terbagi seimbang, biasanya router disimpan di bagian ruang tengah atau ruang keluarga. Namun, kerap terkendala karena bisa jadi jarak kamar Anda terlalu jauh dari posisi router tersebut.

WiFi repeater telah banyak dipasaran. Dengan harga berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu Anda bisa memilikinya. Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda cukup menyambungkan koneksi router utama ke WiFi repeater dengan menekan tombol WPS.

Bagi beberapa merek WiFi repeater, ada yang cukup menyambungkan koneksi dengan bantuan aplikasi melalui smartphone Anda.

2. Atur Jarak Router dengan Barang Elektronik

Daya cakupan sinyal WiFi tentunya terbatas dan bisa 'berebut' dengan sinyal lainnya. Salah satu caranya agar sinyal WiFi dapat stabil adalah dengan mengatur jarak router dari barang elektronik lainnya yang juga memancarkan sinyal.

Bahkan, selain dari barang yang memancarkan sinyal, menurut beberapa sumber, microwave dapat menjadi pengganggu kekuatan sinyal WiFi.

Router biasanya disimpan di meja tersendiri atau digantung di dinding agar daya tangkap dan pemancaran sinyalnya lebih baik. Tidak ada salahnya Anda untuk mencoba dan merasakan perbedaan sinyalnya.

Baca Selanjutnya: 3 Gunakan Aplikasi...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tekno Tips
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini