168 Karya inovasi TI unjuk gigi di ajang INAICTA 2013

Jumat, 30 Agustus 2013 18:12 Reporter : Arif Pitoyo
168 Karya inovasi TI unjuk gigi di ajang INAICTA 2013 INAICTA. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Akhirnya, sampailah pada tahap yang mendebarkan dari rangkaian acara INAICTA 2013, karena 168 karya didemonstrasikan langsung dan dinilai potensinya di hadapan para juri.

Berkumpul di Bina Nusantara International University, FX Senayan, masing-masing delapan karya dari 21 kategori yang ditawarkan pada INAICTA tahun ini melalui tahap penjurian final sebelum pengumuman pemenang tanggal 1 September 2013 mendatang.

Berdasarkan hasil rekapitulasi tim kepesertaan INAICTA 2013, dari 1.000 akun pendaftar ditemukan kategori Games untuk umum dan pelajar adalah yang paling banyak diminati peserta, diikuti oleh kategori Aplikasi, juga untuk peserta universitas maupun pelajar (SMU/SMK).

Selanjutnya kategori favorit lainnya adalah Digital Interactive Media, Small Medium Enterprise Application, dan Reseach and Development Projects.

Para juri yang terdiri dari praktisi dan akademisi bidang ilmu teknologi dan non-teknologi yang berjumlah 106 orang, menilai tidak hanya inovasi dan keunikan karya, namun juga fungsi dan fitur, penerapan teknologi, serta manfaat, baik secara komersial maupun bagi target dari karya-karya tersebut.

"Sesuai tema INAICTA tahun ini, 'Teknokreasi: A Nation of Possibilities', seluruh finalis sudah menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki potensi yang luar biasa, tidak hanya untuk berkembang, tetapi juga bersaing secara internasional di bidang teknologi informasi dan terapannya, ujar Andreas Surya, Ketua Pelaksana INAICTA 2013, Jumat (30/8).

Menurut dia, tahun ini jumlah karya terbanyak masuk dari kategori Games, jadi memperlihatkan juga bahwa kemungkinannya, tren potensi perkembangan industri teknologi Indonesia mengarah ke dunia games, semua serba mungkin untuk berkembang di Indonesia.

Selama dua hari, 29-30 Agustus, secara bergiliran, finalis mempresentasikan hasil karya mereka, dari konsep, tujuan, hingga rencana bisnis yang mereka rancang untuk karya yang didaftarkan.

Selama kurang lebih 40 menit setiap finalis memberikan pemaparan di hadapan 106 orang juri yang telah dibagi ke dalam sebelas ruangan terpisah.

Setelah dua hari masa penjurian, pada tanggal 31 September 2013 , para finalis diperkenankan untuk memamerkan karya mereka yang termasuk dalam agenda rangkaian acara puncak INAICTA 2013, sedangkan malam penganugerahannya sendiri akan berlangsung pada 1 September 2013 malam.

"Rangkaian puncak acara pada 31 Agustus dan 1 September 2013 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center, dengan menggunakan Assembly Hall dan seluruh ruangan Lower Lobby yang terdiri dari pameran karya nominator, workshops, conference dan malam penganugerahan," papar Andreas.

Jumlah peserta pameran akan sama dengan jumlah nominator terpilih, yaitu 168 booth yang akan dipajang di area Assembly 3 dan Assembly Lobby JCC. Untuk acara konferensinya sendiri tahun ini bertema 'All about Indonesia Game Industry' yang titik beratnya ada pada industri game.

"Hal ini kami pilih menjadi topik yang akan diangkat karena melihat trend dan potensi yang besar, terutama terlihat dari jumlah pendaftar yang masuk untuk kategori tersebut," jelas Anang Pradipta, Koordinator Divisi Conference dan Workshop INAICTA 2013. [dzm]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
  2. INAICTA
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini