USU Segera Gelar Kuliah Tatap Muka, Wagub Sumut Minta Kampus Lakukan Ini

Selasa, 16 November 2021 11:16 Reporter : Fatimah Rahmawati
USU Segera Gelar Kuliah Tatap Muka, Wagub Sumut Minta Kampus Lakukan Ini Universitas Sumatera Utara. ©2020 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Universitas Sumatra Utara (USU) saat ini tengah melakukan persiapan untuk menggelar kembali kuliah tatap muka atau pembelajaran tatap muka (PTM) yang rencananya akan dimulai pada awal tahun 2022 mendatang.

Kuliah tatap muka memang sudah boleh dilaksanakan kembali oleh seluruh perguruan tinggi, yang mengacu pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek.

Terkait hal ini, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatra Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta agar kuliah tatap muka ini dilaksanakan sesuai dengan pedoman yang ada.

Hal ini disampaikan Wagub Musa saat dalam Diskusi Publik Hybrid bertema Mengukur Kesiapan USU dalam Penerapan PTM di Tengah Situasi New Normal pada Sabtu (13/11).

Wagub Musa mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mendukung pelaksanaan kuliah tatap muka ini dan berharap semua yang dilakukan tetap harus dikoordinasikan dan dikomunikasikan, serta mematuhi protokol kesehatan.

Diketahui, saat ini sudah ada 9 fakultas di USU yang tengah melakukan praktikum melaksanakan kegiatan luring atau tatap muka dengan skema hybrid.

Melansir dari laman berita resmi Pemprov Sumut, berikut informasi selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Harus Bentuk Satgas dan Terbitkan Pedoman Pembelajaran

Dalam pelaksanaan kuliah tatap muka mendatang, Wagub Musa meminta pihak USU untuk membentuk Satgas Covid-19 lingkup USU dan menyiapkan sarana dan prasarana kebutuhan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Satgas Covid-19 itu nanti bertugas untuk memastikan kegiatan pembelajaran berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Kemudian, kampus juga diminta untuk menerbitkan pedoman pembelajaran, wisuda hingga kegiatan lain di kampus. Kampus juga harus membuat kelompok belajar, mengatur jadwal masuk antarkelompok hingga mengatur posisi meja, kursi dan lalu lintas di dalam kampus.

“Pihak perguruan tinggi juga harus menerbitkan pedoman pembelajaran, wisuda hingga kegiatan lain di kampus dan memastikan orang tua atau wali mahasiswa sudah menyetujui anaknya ikut tatap muka," ujar Wagub Musa.

Seluruh sarana prasarana protokol kehatan juga harus dipastikan dalam kondisi baik. Mulai dari penyemprotan disinfektan, ketersediaan air mengalir, sabun cuci tangan, masker dan thermo gun. Kerumuman juga dilarang selama kuliah tatap muka berlangsung.

“Semua harus dilakukan secara detail mana pintu gerbang masuk, mana pintu keluar sehingga tidak ada tampak kerumunan," kata Wagub Musa.

3 dari 3 halaman

Sudah Ada Buku Panduan Akademik

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian USU, Edy Ikhsan menyampaikan, pihaknya terus memastikan SOP pembelajaran luring yang ditetapkan oleh Satgas Covid-19 USU dan pemerintah berjalan baik.

Ia mengaku, keputusan USU untuk menggelar kuliah tatap muka ini merupakan hasil dari komunikasi intens dan berbagi koordinasi lintas sektoral, termasuk sudah adanya izin dari orang tua mahasiswa.

“Orang tua peserta didik telah memberikan izin maka kami tentu tidak mau mencederai kepercayaan orang tua. Maka, kami terus lakukan kordinasi dan komunikasi dengan Satgas Covid-19 mendesign kegiatan dan jadwal yang mampu memberi nyaman kepada peserta didik dan tenaga pengajar dari kemungkinan tertular Covid-19,” ujar Edy.

Pihak USU juga telah menyusun buku panduan penyelenggaraan kegiatan akademik yang akan terus disosialisasikan ke seluruh civitas akademik secara teratur. Buku panduan ini diharapkan mampu menumbuhkan persepsi yang sama di antara dosen dan mahasiswa agar kuliah tatap muka di masa pandemi ini bisa berjalan lancar.

[far]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Covid 19
  3. Belajar Tatap Muka
  4. Sumut
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini