Tak Bisa Kuliah Online, Aksi Mahasiswa Patungan Beli HP untuk Temannya Ini Bikin Haru

Jumat, 15 Oktober 2021 12:02 Reporter : Fatimah Rahmawati
Tak Bisa Kuliah Online, Aksi Mahasiswa Patungan Beli HP untuk Temannya Ini Bikin Haru Tak Bisa Belajar Online, Aksi Mahasiswa Patungan Beli HP untuk Teman Ini Bikin Haru. Instagram/@medanzone ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 membuat proses belajar mengajar harus diganti dengan sistem daring atau jarak jauh. Hal ini mengharuskan pelajar mengakses materi pembelajaran melalui gawai dan memiliki sambungan internet.

Namun, di Tanah Air, masih banyak pelajar yang tidak memiliki akses dan fasilitas yang memadahi untuk melakukan kegiatan belajar daring. Seperti yang dialami seorang mahasiswa di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

Ia tak memiliki handphone untuk belajar daring, sehingga Ia pun tak pernah mengikuti kelas selama proses pembelajaran daring. Beruntungnya, Ia memiliki teman-teman yang diam-diam berinisiatif membantunya.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok yenliu_ dan diunggah kembali akun Instagram @medanzone pada Kamis (14/10), menunjukkan aksi solidaritas sekelompok mahasiswa untuk membantu temannya tersebut. Mereka mengumpulkan uang alias patungan untuk membelikan temannya tersebut agar bisa mengikuti proses belajar daring.

Video ini pun viral di media sosial dan tuai banyak pujian dari warganet. Berikut informasi selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Patungan Uang Belikan HP

tak bisa belajar online aksi mahasiswa patungan beli hp untuk teman ini bikin haru

Instagram/@medanzone ©2021 Merdeka.com

Dalam video viral itu, tampak seorang pria mengenakan kemeja kotak-kotak lengan panjang sedang mengerjakan tugas kuliah bersama teman-temannya. Diketahui, Ia merupakan mahasiswa dari Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT.

Namun, ternyata Ia tak pernah mengikuti kelas daring karena tak memiliki handphone.

“Jadi ini teman kuliah kita selama pandemi dan kuliah online dia tidak pernah ikut perkuliahan, karena tidak punya HP. Ini sudah masuk minggu UTS tapi dia belum ikut tapi dia belum ikut kuliah online sama sekali,” tulis caption di video itu.

Melihat kondisi pria itu, teman-temannya pun kemudian berinisiatif mengumpulkan uang diam-diam untuk membelikannya HP.

“Meski harganya tidak seberapa tapi kita semua ikhlas membantu biar dia bisa ikut kuliah online,” lanjut caption video tersebut.

3 dari 3 halaman

Kejutan untuk Temannya

tak bisa belajar online aksi mahasiswa patungan beli hp untuk teman ini bikin haru
Instagram/@medanzone ©2021 Merdeka.com

Kemudian, para mahasiswa itu ramai-ramai menemui pria tersebut. Mereka bermaksud memberikan kejutan dengan menyerahkan HP yang sudah mereka beli sebagai hadiah untuk temannya itu.

“Ini dia orangnya, kita langsung kasi saja HP-nya biar besok bisa ikut kuliah online sama-sama. Semoga HP-nya bisa berguna membantu kuliahnya, biar semakin rajin kuliah dan kerja tugasnya,” lanjut caption video itu.

Tak menduga sebelumnya, pria itu tampak terkejut dan tak percaya dengan pemberian teman-temannya itu. Terlihat jelas senyum di wajah pria itu saat Ia membuka kotak yang berisi HP baru pemberian teman-temannya.

Melihat hal itu, para mahasiswa yang berkumpul itu pun ikut tersenyum senang melihat teman mereka akhirnya memiliki HP untuk kuliah daring.

Aksi mahasiswa ini pun tuai banyak pujian dari warganet. Warganet merasa haru melihat aksi kepedulian mereka dan bahkan ikut mendoakan agar para mahasiswa tersebut sukses.

"Semoga kalian semua sukses ya," tulis akun @ninalvaro.

"duh terharu..temen" nya care banget," tulis akun @mizratulaini.

"Anak baik, sukses buat kalian semua semoga rezeki kalian melimpah, jadikan pelajaran buat semua jangan dibully teman yg gak mampu tapi dibantu," tulis akun @fitriyu43.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini