Sumut Siapkan Kemungkinan 'New Normal', Ini 6 Fakta di Baliknya

Jumat, 29 Mei 2020 15:21 Reporter : Fatimah Rahmawati
Sumut Siapkan Kemungkinan 'New Normal', Ini 6 Fakta di Baliknya Kondisi Wuhan Usai Pandemi Covid-19. ©2020 REUTERS/Aly Song

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kini tengah menyiapkan kemungkinan penerapan 'New Normal' seiring dengan upaya untuk kembali menggerakkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Persiapan tersebut dibahas dalam rapat koordinasi penanganan COVID-19 yang dipimpin Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman 41 Medan, Kamis (28/5).

Seperti yang dilansir dari laman resmi Humas Pemerintah Provinsi Sumut, Wagub Sumut mengatakan pola hidup baru atau new normal ini harus disiapkan di setiap aspek, mulai dari dunia usaha hingga tempat ibadah. Selain itu, sosialisasi pelaksanaan protokol kesehatan juga masih perlu digalakkan.

Menurut Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sumut, Mardiaz Kusin Dwihananto new normal belum bisa dilakukan di Sumut. Angka reproduksi dasar wabah (R0) di Sumut belum memenuhi syarat untuk diberlakukannya new normal yaitu masih berada di angka 1,4. Sedangkan untuk pemberlakuan new normal, syaratnya R0 harus di bawah 1.

Kabinda Sumut, Ruruh Setyawibawa yang juga hadir dalam rapat koordinasi tersebut mengatakan berdasarkan hasil pengamatannya Sumut belum dapat menjalankan new normal lantaran tren penyebaran COVID-19 yang belum menurun hingga sekarang.

Di tengah Pemprov Sumut menyiapkan skenario kemungkinan new normal, ada beberapa fakta di balik persiapan yang menggambarkan kondisi perkembangan kasus COVID-19 dan aktivitas masyarakat. Berikut di antaranya:

Baca Selanjutnya: 30 Hotel di Medan Siap...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini