Resmi Mulai Hari Ini, Intip Deretan Fakta Vaksinasi yang Diawali dari Presiden Jokowi

Rabu, 13 Januari 2021 15:33 Reporter : Vinna Wardhani
Resmi Mulai Hari Ini, Intip Deretan Fakta Vaksinasi yang Diawali dari Presiden Jokowi Fakta Vaksinasi Presiden. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Vaksinasi virus corona di Indonesia secara resmi mulai dilakukan hari ini. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan sederet pejabat serta influencer mendapat jatah pertama vaksinasi. Penyuntikan vaksin kepada presiden bahkan ditayangkan secara langsung di hadapan rakyat Indonesia.

Bukan tanpa alasan, presiden maju sebagai orang pertama yang divaksin dengan tujuan agar masyarakat tak lagi meragukan efektivitas vaksin Sinovac. Sebelumnya tak sedikit orang yang mengaku ragu dengan efektivitas vaksin produksi dari Tiongkok tersebut.

Beberapa waktu yang lalu bahkan sempat beredar sebuah video berisi penolakan nakes untuk ikut vaksinasi tahap awal. Sampai saat ini vaksinasi memang dilakukan dalam beberapa gelombang. Gelombang pertama memprioritaskan nakes dan aparat hukum serta TNI POLRI.

Telah berjalan lancar hari ini, berikut deretan fakta vaksinasi gelombang pertama yang diawali oleh presiden Joko Widodo.

2 dari 4 halaman

Tekanan Darah Presiden Naik

fakta vaksinasi presiden
©2021 Merdeka.com

Sebelum menjalani proses penyuntikan vaksin, Presiden Jokowi menjalani segala rentetan pemeriksaan kesehatan. Salah satu pemeriksaan yang dilakukan adalah pengecekan tekanan darah.

Dalam pengecekan ini diketahui tekanan darah presiden naik dari biasanya. Jika sebelumnya hanya 110/70 sebelum vaksinasi tekanan darah mencapai 130/67. 

3 dari 4 halaman

Wakil Dokter Kepresidenan Tremor saat Menyuntik

fakta vaksinasi presiden
©2021 Merdeka.com

Salah satu hal yang cukup mencuri perhatian dari siaran langsung vaksinasi presiden adalah sosok Prof. dr. Abdul Muthalib. Prof. dr. Abdul Muthalib merupakan salah perwakilan dokter kepresidenan yang berperan langsung saat penyutikan vaksin ke presiden.

Pada saat menyuntikkan vaksin, tangan Prof. dr. Abdul Muthalib tampak bergetar hebat. Hal ini memicu banyak komentar warganet, banyak warganet mengaku mengerti ketegangan yang dirasakan Prof. dr. Abdul Muthalib saat menyuntik presiden.

4 dari 4 halaman

Vaksinasi Juga Diikuti Pejabat, Panglima, dan Influencer

fakta vaksinasi presiden
©2021 Merdeka.com

Selain Presiden Jokowi, deretan pejabat negara dan panglima militer juga terlibat dalam vaksinasi gelombang pertama hari ini. Bahkan sosok influencer Raffi Ahmad juga tampak menghadiri vaksinasi gelombang pertama di istana presiden ini.

Setelah menerima vaksin, baik presiden maupun pejabat negara bahkan panglima militer dan influencer harus menunggu selama 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping yang dirasakan.

[vna]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini