134 TKI dari Malaysia Tiba di Sumatera Utara, Hasil Rapid Test Negatif COVID-19

Kamis, 9 April 2020 14:00 Reporter : Fatimah Rahmawati
134 TKI dari Malaysia Tiba di Sumatera Utara, Hasil Rapid Test Negatif COVID-19 Pemprov Sumut Bagikan Enam Ribu Alat Rapid Test COVID-19, Ini Faktanya. liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kamis (9/4) pagi sebanyak 134 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia telah tiba di Sumatera Utara. Para TKI tersebut kemudian langsung menjalankan rangkaian pemeriksaan terkait pencegahan penyebaran COVID-19, termasuk rapid test.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dr Aris Yudhariansyah mengatakan hasil rapid test para TKI yang pulang dari Malaysia pada Kamis pagi dinyatakan negatif COVID-19.

"Rapid test TKI gelombang pertama ini hasilnya negatif semua," katanya seperti yang dilansir dari ANTARA.

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan di Bandara Internasional Kualanamu, 134 TKI pada gelombang pertama ini langsung dibawa ke Taman Cadika, Lubuk Pakam, untuk dikarantina.

"Setelah diperiksa kesehatan mulai dari pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan kepada TKI maupun barang bawaan, dan melakukan wawancara, para TKI ini akan dikarantina di Taman Cadika Lubuk Pakam," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Ada Dua Gelombang Kedatangan TKI dari Malaysia Hari ini

Untuk kepulangan TKI gelombang kedua, akan tiba di Bandara Internasional Kualanamu pada Kamis sekitar pukul 15.00 WIB dengan menggunakan pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH864.

"Untuk gelombang ketiga dan keempat akan akan tiba pada 10 April 2020," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Dikarantina di Dua Lokasi

Sebanyak 500 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumatera Utara yang dipulangkan dari negeri Jiran Malaysia akan dikarantina terlebih dahulu sebelum dikembalikan ke daerahnya masing-masing.

Aris mengatakan, para TKI ini nantinya akan dikarantina di dua lokasi yang berbeda.
Adapun TKI gelombang pertama yang tiba pada Kamis (9/4) yakni sebanyak 270 TKI akan dikarantina di Taman Cadika, Lubuk Pakam. Sedangkan yang tiba pada Jumat (10/4) akan dikarantina di Eks. Bandara Polonia Medan.

[far]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Corona
  3. Covid 19
  4. Berita
  5. Sumut
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini