PT KAI Sumut Operasikan Kembali KA Jarak Menengah dan Lokal, Ini Rutenya

Kamis, 27 Agustus 2020 11:45 Reporter : Fatimah Rahmawati
PT KAI Sumut Operasikan Kembali KA Jarak Menengah dan Lokal, Ini Rutenya Ilustrasi Kereta Api. bumn.go.id ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatra Utara (KAI Divre I Sumut) kembali mengoperasikan perjalananankereta api jarak menengah dan lokal pada masa adaptasi kebiasaan baru. Sebelumnya rute ini sempat dihentikan sementara untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Mulai hari ini, perjalananan kereta api jarak menengah dan lokal yang kembali dioperasikan adalah Kereta Api Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai PP (Pulang-Pergi), Siantar Ekspres (Sireks) relasi Medan-Siantar PP, dan Sri Lelawangsa PP.

Hal ini dikatakan oleh Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat pada Kamis (27/8).

"Mulai 27 Agustus 2020, ketiga kereta api itu beroperasi setiap hari," kata Daniel, dilansir dari Liputan6.com.

2 dari 5 halaman

Berikut Rute Perjalanannya

Kereta api yang akan kembali dioperasikan adalah Kereta Api Putri Deli (U66/U67) relasi Medan-Tanjung Balai berangkat dari Stasiun Medan pukul 12.50 WIB dan dari Stasiun Tanjung Balai pukul 19.30 WIB.

Untuk Kereta Api Srilelawangsa (U71, U72, U91, U92, U93, U94) relasi Medan-Binjai PP, berangkat dari Stasiun Medan pukul 04.55 WIB, 20.15 WIB, 21.45 WIB, dan berangkat dari Stasiun Binjai pukul 05.40 WIB, 21.00 WIB, 22.30 WIB.

Kereta Api Siantar Ekspres (U69/U70) relasi Medan-Siantar PP. Berangkat dari Stasiun Medan pukul 13.40 WIB dan dari Stasiun Siantar pukul 07.30 WIB.

3 dari 5 halaman

Pemesanan Tiket

Hingga saat ini, total sudah ada 6 kereta api jarak menengah (KA Putri Deli), 2 Kereta Api Siantar Ekspres dan 24 kereta api lokal (KA Sri Lelawangsa) yang berangkat, datang, maupun melintas di wilayah Divre I Sumut.

"Tiket dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya," sebut Daniel.

4 dari 5 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan

Daniel juga menegaskan, KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat terhadap penumpang kereta api, yakni calon penumpang wajib menunjukkan surat keterangan bebas dari Covid-19, wajib memakai masker selama perjalanan, serta suhu tubuh di bawah 37,3 derajat Celsius.

"Penumpang harus dalam kondisi sehat atau tidak demam, batuk, pilek, sesak napas, serta memakai pakaian lengan panjang," tegasnya.

Tidak hanya itu, bagi penumpang kereta api jarak menengah diharuskan mengenakan face shield yang disediakan pihak KAI.

5 dari 5 halaman

Terapkan 3M

Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, PT KAI Divre I Sumut juga mengajak pegawai, penumpang, dan masyarakat umum untuk terus disiplin menerapkan 3M, yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak.

"Tujuannya, penerapan 3M ini untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 yang saat ini sedang mewabah," kata Daniel.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini