Pemkab Pakpak Bharat Jalin Kerja Sama dengan UGM, Ini Tujuannya

Kamis, 24 November 2022 10:39 Reporter : Adrian Juliano
Pemkab Pakpak Bharat Jalin Kerja Sama dengan UGM, Ini Tujuannya Pemkab Pakpak Bharat Jalin Kerja Sama Dengan UGM. pakpakbharatkab.go.id ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat telah menjalin kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ditandatangani oleh Bupati Franc Bernhard Tumanggor di Ruang Multi Media I, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Selasa (22/11).

Kerja sama tersebut bergerak di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah di Kabupaten Pakpah Bharat. Harapannya, kerja sama itu bisa membantu Pemerintah Kabupaten dalam pembangunan sehingga mewujudkan daerah yang maju dan sejahtera.

"Semoga kerja sama ini membawa manfaat dan saling menguntungkan bagi kita semua, semoga dapat membantu kita, membawa Pakpak Bharat lebih maju, mewujudkan kininduma bagi masyarakat kita," harap Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dilansir pakpakbharatkab.go.id, pada Rabu (23/11).

Jajaran rektorat dan staff pengajar UGM hadir. Juga Kepala Badan Pengembangan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Harrison F Sirumpea, M.Si, beserta tamu undangan lainnya.

2 dari 3 halaman

Sulitnya Mengelola Potensi Daerah

Bupati Pakpak Bharat mengaku saat ini masih kesulitan dalam mengelola dan mengembangkan potensi-potensi daerah. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Pakpak Bharat.

Potensi daerah Pakpak Bharat terbilang begitu beragam, mulai dari letak geografis yang terletak di pegunungan dengan kualitas tanah yang subur dan luas. Memiliki ribuan pohon kapur yang sudah terkenal sejak zaman perdagangan kuno.

Selain itu, daerah ini memiliki kemenyan yang tersebar hampir di seluruh wilayah, dan menghasilkan tanaman serai wangi serta tanaman gambir dengan kualitas nomor satu. Dengan begitu banyaknya potensi di Pakpak Bharat, menjalin kerja sama ini diharapkan bisa mengoptimalkan potensi yang ada dan pastinya memberikan manfaat.

3 dari 3 halaman

Salut dan Bangga

Sementara dari pihak UGM melalui wakil rektor, Ignatius Susatyo Wijoyo, M.M yang hadir saat proses penandatanganan kerja sama itu, mengungkapkan rasa bangga atas pilihan Pemkab Pakpak Bharat yang menggandeng UGM sebagai mitra dalam membangun kabupaten.

"Sangat bangga dengan pilihan Bapak (Bupati Pakpak Bharat) bekerja sama dengan kami. Kami juga menyadari bahwa daerah ini membutuhkan orang-orang yang mau membangun daerah. Dengan potensi daerah yang begitu besar, kita mau teman-teman di daerah bisa tumbuh bersama kita. Tentunya dengan keinginan yang kuat, UGM ingin membantu, semoga bisa bermanfaat bagi kedua belah pihak," kata Wakil Rektor UGM, Ignatius Susatyo, M.M.

Durasi kerja sama antar kedua belah selama lima tahun. Adapun yang disepakati yaitu bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.

[adj]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini