Pasca Lockdown Corona, 4 Lokasi Wisata di Italia Mulai Dibuka

Rabu, 3 Juni 2020 17:35 Reporter : Dimas Putra Mandegani
Pasca Lockdown Corona, 4 Lokasi Wisata di Italia Mulai Dibuka Venesia. ©REUTERS/Stefano Rellandini

Merdeka.com - Salah satu negara terdampak virus corona terparah, Italia, kembali membuka kembali sektor pariwisata. Mulai hari ini, Rabu (3/6) beberapa lokasi wisata di negeri pizza ini kembali dibuka untuk wisatawan dari Eropa.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (3/6), beberapa tempat wisata andalan Italia kembali dibuka untuk umum. Walaupun begitu, beberapa turis asing tetap khawatir akan tertular virus yang berasal dari Wuhan, China ini.

Kekhawatiran tersebut mengenai kemungkinan penundaan penerbangan karena virus masih menyebar. Penerbangan internasional hanya ada untuk tiga kota utama di Italia yaitu Milan, Roma dan Naples.

Selain itu ada kekhawatiran bahwa mereka yang biasanya datang dengan mobil, kereta api atau feri dari negara-negara tetangga akan pergi ke tempat lain di hari libur mereka.

Bahkan, negara tetangga Swiss memperingatkan warganya jika mereka pergi ke Italia mereka akan dikenakan "tindakan kesehatan" pada saat kembali.

Negara itu akan membuka perbatasannya dengan Jerman, Prancis, dan Austria pada 15 Juni mendatang, tetapi tidak dengan Italia, karena dinilai kasus Corona COVID-19 di negara tersebut.

Berikut adalah tempat wisata yang dibuka kembali untuk wisatawan di Italia.

1 dari 5 halaman

Colosseum

colosseum

©2012 Merdeka.com

Italia adalah negara Eropa pertama yang terkena dampak virus corona. Secara resmi terdapat lebih dari 33 ribu kematian di Italia akibat virus corona.

Italia juga memberlakukan lockdown total yang berakibat pada lumpuhnya sektor ekonomi pada awal Maret lalu. Kendati demikian jumlah penularan virus corona menurun secara drastis.

Kini salah satu lokasi wisata favorit di Italia, Colosseum Roma sudah dibuka kembali. Para wisatawan bisa kembali berswafoto di tempat penyelenggaraan gladiator tersebut.

2 dari 5 halaman

Kanal Venesia

parade perahu di karnaval venesia

©2020 Vincenzo PINTO / AFP

Selain itu, wisata Gondola sudah siap menyusuri kanal sepanjang Venesia. Kanal Venesia yang jadi tempat favorit jika berkunjung ke Italia selama 3 bulan lockdown, warna airnya pun menjadi lebih jernih.

3 dari 5 halaman

Calabria

calabria italy

Pixabay ©2020 Merdeka.com

Salah satu hidden gem tempat wisata di Italia, Calabria, mulai dibuka kembali. Calabria yang berlokasi di provinsi Vibo Valentina ini memang jadi salah satu yang menarik untuk dikunjungi.

Walaupun popularitasnya masih kalah dengan Venesia dan Roma, Pantai Bulan Sabit di Calabria jadi daya tarik utama wisatawan. Kembali dibukanya Calabria dikonfirmasi oleh gubernur bagian selatan, Jole Santelli.

"Datanglah ke Calabria. Hanya ada satu risiko: Anda akan menjadi gemuk," kata gubernur wilayah selatan Jole Santelli pada hari Minggu lalu.

4 dari 5 halaman

Verona

rumah juliet di verona italia

Pixabay ©2020 Merdeka.com

Kisah Romeo-Juliet yang melegenda memang jadi ikon tersendiri saat berkunjung ke Verona. Kini wisatawan bisa kembali berbulan madu atau beradu akting ala Romeo-Juliet di balkon Verona.

Rumah tersebut milik keluarga Dal Capello, yang dikenal sebagai Cappelletti. Hal ini mirip dengan nama keluarga Juliet Capulets.

5 dari 5 halaman

Anti-Italia

maio

©Riccardo Antimiani/EPA, via Shutterstock

Banyak negara masih melarang semua perjalanan tidak penting ke luar negeri, salah satunya Italia. Bahkan sekarang mulai merebak sentimen anti-Italia yang berakibat berkurangnya turis asing berkunjung ke Italia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Luar Negeri Italia, Luigi Di Maio, telah memperingatkan negara-negara lain untuk tidak memperlakukan Italia seperti ‘Penderita Kusta’.
Bahkan Ia sendiri akan bepergian ke Jerman, Slovenia dan Yunani untuk mengatakan bahwa Italia aman bagi wisatawan.

Kedatangan di Italia dari Eropa tidak akan diminta untuk mengisolasi diri kecuali mereka baru saja bepergian dari benua lain.

[dim]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini