Mengenal Mikroplastik, Ketahui Dampaknya bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Jangka Panjang

Selasa, 23 Februari 2021 18:45 Reporter : Ani Mardatila
Mengenal Mikroplastik, Ketahui Dampaknya bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Jangka Panjang Bangkai penyu yang perutnya berisi plastik di Kulon Progo. ©BAMBANG TRIATMOJO/WWI KULONPROGO/via REUTERS

Merdeka.com - Mikroplastik mulai banyak dibahas ketika polusi lautan semakin buruk dari tahun ke tahun. Menurut Forum Ekonomi Dunia, ada peningkatan tingkat polusi buatan manusia yang tinggi di banyak lautan dunia dan hanya sedikit yang benar-benar lenyap. Pada tahun 2050 akan ada lebih banyak plastik daripada ikan di lautan dunia.

Menurut laporan tersebut, penggunaan plastik di seluruh dunia telah meningkat 20 kali lipat dalam 50 tahun terakhir, dan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat lagi dalam 20 tahun ke depan.

Tetapi yang tidak diketahui banyak orang adalah kita melakukan lebih dari sekadar menggunakan plastik. Kita juga menelannya. Saat Anda makan sedikit makanan atau bahkan menyesap air, Anda hampir pasti menelan partikel plastik kecil. Potongan tak terlihat yang ada di mana-mana ini dikenal sebagai mikroplastik.

Karena penelitian tentang mikroplastik sangat baru, belum ada cukup data untuk mengatakan dengan tepat bagaimana mereka memengaruhi kesehatan manusia. Kata Jodi Flaws, seorang profesor biosains komparatif dan direktur asosiasi Program Toksikologi Lingkungan Interdisipliner di University of Illinois seperti yang dikutip dari Washington Post.

Jadi apa dampaknya bagi kesehatan jika mengonsumsi mikroplastik dalam jangka panjang?
Berikut merdeka.com merangkum apa itu mikroplastik dan dampaknya bagi kesehatan.

Baca Selanjutnya: Apa Itu Mikroplastik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini