Medan Disebut Jadi Transmisi Lokal Covid-19 Omicron, Ini Kata Wali Kota

Minggu, 2 Januari 2022 16:06 Reporter : Fatimah Rahmawati
Medan Disebut Jadi Transmisi Lokal Covid-19 Omicron, Ini Kata Wali Kota Covid-19 varian Omicron. ©AFP

Merdeka.com - Kementerian Kesehatan pada Rabu (29/12) lalu menyatakan kasus Covid-19 varian Omicron di Tanah Air kini mencapai 68 orang. Seluruh pasien tersebut didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri. Namun satu di antaranya merupakan pasien perjalanan dalam negeri, yakni seorang warga Kota Medan, Sumatra Utara (Sumut).

Warga Medan yang terpapar Omicron tersebut diketahui berinisial Y, yang memiliki latar belakang pengusaha. Saat ini pasien tersebut tengah di rawat di salah satu rumah sakit yang ada di Jakarta.

Terkait hal ini, Wali Kota Medan Bobby Nasution pun membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan pada Jumat (31/12), pasien pria berumur 37 tahun itu dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron dengan catatan perjalanan ke Jakarta.

Bobby mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya meningkatkan penanganan Covid-19 agar varian Omicron tak masuk ke Sumut, khususnya Kota Medan.

Melansir dari ANTARA, berikut informasi selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Minta Dinkes Tingkatkan Antisipasi

Sehubungan dengan Kota Medan yang disebut menjadi transmisi lokal Omicron, Bobby mengaku tidak ingin varian Omicron, baik berasal dari transmisi lokal maupun pelaku perjalanan luar negeri masuk ke Kota Medan. Ia pun langsung meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk meningkatkan upaya antisipasi, terlebih usai warga Kota Medan dinyatakan positif Omicron tersebut.

"Khusus Dinas Kesehatan saya mengingatkan untuk mengoptimalkan penanganan Covid-19 agar varian Omicron bisa kita cegah masuk ke Kota Medan," tegas Bobby.

Ia menyatakan, warga lainnya yang memiliki kontak erat dengan pasien tersebut telah dites sebelum pulang ke Kota Medan dan hasilnya negatif.

"Sampai di Medan yang bersangkutan melakukan karantina mandiri beberapa hari. Lalu kita tes lagi, dan hasilnya juga negatif. Selain itu, kemarin telah dites tujuh orang kontak erat lainnya dan hasilnya juga negatif," kata Bobby.

3 dari 3 halaman

Selesai Lakukan Tracing dan Testing

Hal senada juga disampaikan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi soal adanya warga Kota Medan yang positif Covid-19 varian Omicron. Ia mengatakan, pihaknya telah selesai melakukan tracing dan testing terhadap kontak erat pasien tersebut dan hasil tes dinyatakan negatif.

"Jadi semua yang kontak erat sudah dilakukan testing dan tracing, hasilnya negatif," ujar Gubernur Edy.

Gubernur Edy juga memastikan bahwa tidak ada penularan (transmisi lokal) Omicron di Sumut dengan terpaparnya pasien tersebut.

"Karena dia (Y) adalah pebisnis, jadi dia bersama-sama orang luar, dia bergabung bisnis, kebetulan orang itu terkena Omicron, dia dikejar dan dia dinyatakan positif," katanya.

 

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini