Manfaat Garut Bagi Kesehatan, Umbi Bebas Gluten yang Kaya Nutrisi

Rabu, 28 Oktober 2020 13:31 Reporter : Ani Mardatila
Manfaat Garut Bagi Kesehatan, Umbi Bebas Gluten yang Kaya Nutrisi Manfaat Garut. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Garut (Maranta arundinacea), adalah rimpang bawah tanah yang kaya akan pati dan merambat yang termasuk dalam tumbuhan famili Marantaceae. Tanaman garut secara umum disebut Arrowroot, artinya tumbuhan yang mempunyai akar rimpang (umbi) berbentuk seperti busur tanah.

Di Indonesia tanaman garut dikenal dengan beragam nama tergantung pada daerah asalnya. Beberapa di antaranya yaitu sagu betawi atau sagu belanda, ubi sagu, arerut atau arirut (Melayu); angkrik, arus, irut, jelarut, larut, erut (Jawa); larut atau patat sagu (Sunda); arut atau larut (Madura); Hudasula (Ternate).

Umbi garut ini kaya akan nutrisi dan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh, karena indeks glikemiknya rendah, lebih rendah dari beras, terigu, kentang, dan ubi kayu. Indeks glikemik merupakan ukuran yang menyatakan kenaikan kadar gula darah seseorang setelah mengonsumsi makanan yang bersangkutan. Makin tinggi indeks glikemik, makin tidak baik dikonsumsi penderita diabetes.

Berikut manfaat garut bagi kesehatan yang dirangkum merdeka.com:

2 dari 6 halaman

Kandungan nutrisi garut

Garut adalah sayuran umbi bertepung yang mirip dengan ubi, singkong, ubi jalar, dan talas. Seperti banyak pati, ia tinggi karbohidrat tetapi menawarkan berbagai nutrisi. Satu porsi 1 cangkir (120 gram) irisan garut mentah mengandung senyawa berikut :

  • Kalori: 78
  • Karbohidrat: 16 gram
  • Serat: 2 gram
  • Protein: 5 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Folat: 102% dari Nilai Harian (DV)
  • Fosfor: 17% dari DV
  • Besi: 15% dari DV
  • Kalium: 11% dari DV

Garut memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding umbi lainnya, kemasan 5 gram per 1 cangkir (120 gram), dibandingkan dengan 2,3 gram dalam jumlah ubi yang sama.

Selain itu, ia menyediakan lebih dari 100% DV untuk folat (vitamin B9), yang penting untuk perkembangan selama kehamilan dan pembentukan DNA. Tingkat rendah vitamin ini dikaitkan dengan peningkatan risiko cacat lahir dan penyakit kronis seperti kanker.

Terlebih lagi, garut menawarkan sejumlah besar fosfor, zat besi, dan kalium.

3 dari 6 halaman

Dapat membantu menurunkan berat badan

Manfaat garut yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Bubuk garut mengandung 32% pati resisten, yang tidak dapat dicerna oleh tubuh Anda. Ini membentuk gel kental bila dicampur dengan air dan berperilaku seperti serat larut di usus Anda.

Makanan tinggi serat dan pati resisten memperlambat laju pencernaan Anda, memberi Anda perasaan kenyang yang berkepanjangan. Pada gilirannya, ini dapat mengatur nafsu makan Anda dan menyebabkan penurunan berat badan seperti yang dilansir dari Healthline.

Dalam sebuah penelitian pada 20 orang dewasa, mereka yang mengonsumsi suplemen yang mengandung 1,5 ons (48 gram) pati resisten mengalami asupan kalori yang jauh lebih rendah selama 24 jam berikutnya, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Dapat mengatasi diare

Manfaat garut dapat membantu mengobati diare baik dengan mengencangkan tinja dan membantu Anda mengembalikan cairan tubuh.

Diare yang parah dapat menyebabkan kehilangan cairan, dehidrasi, dan bahkan kematian - terutama pada populasi yang rentan, seperti anak-anak.

Dalam penelitian selama sebulan, 11 orang dengan diare yang mengonsumsi 2 sendok teh (10 mg) bubuk garut 3 kali sehari mengalami lebih sedikit diare dan sakit perut.

Kandungan pati garut yang tinggi mungkin bertanggung jawab, karena membantu meningkatkan konsistensi dan ukuran tinja. Pada gilirannya, ini mengurangi frekuensi evakuasi Anda.

Ini juga dapat membantu tubuh Anda melakukan rehidrasi untuk mengganti kehilangan cairan terkait.

Sebuah penelitian pada hewan menentukan bahwa air garut, yang dibuat dengan merebus bubuk garut, menurunkan laju diare akibat kolera lebih efektif daripada larutan rehidrasi yang dikembangkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mengetahui manfaatnya yang satu ini.

4 dari 6 halaman

Mendukung sistem kekebalan Anda

Garut ini pati resisten konten dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda.

Faktanya, umbi ini merupakan sumber potensial prebiotik, yaitu sejenis serat yang memberi makan bakteri usus Anda.

Bakteri usus yang bermanfaat dapat meningkatkan kesehatan kekebalan Anda, karena mereka menghasilkan banyak vitamin dan menyerap mineral utama yang dibutuhkan sistem kekebalan Anda agar berfungsi dengan baik. Terlebih lagi, mereka bahkan dapat mempengaruhi bagaimana tubuh Anda merespons banyak penyakit.

Sebuah studi selama 14 hari pada tikus yang diberi bubuk garut menghasilkan peningkatan kadar imunoglobulin G, A, dan M dalam darah, yang merupakan berbagai antibodi yang melindungi Anda dari mikroorganisme berbahaya.

Cocok untuk diet bebas gluten

Seperti kebanyakan umbi, garut secara alami bebas gluten. Bubuknya dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu.

Mereka yang menderita penyakit celiac , gangguan pencernaan umum di mana gluten mengobarkan usus kecil Anda, harus menghindari protein ini sepenuhnya. Biji-bijian seperti barley, gandum, dan gandum hitam, serta produk yang dibuat darinya, mengandung gluten.

Menariknya, pati tahan garut terutama berlaku untuk produk bebas gluten karena membantu meningkatkan tekstur, kerenyahan, dan rasanya.

5 dari 6 halaman

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Wanita lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih, atau "ISK," dan kebersihan dan makanan yang sering direkomendasikan untuk membantu mencegah infeksi di masa mendatang serta menenangkan peradangan. Salah satu makanan tersebut adalah garut dapat menjadi salah satu pengobatan rumah yang efektif untuk infeksi kandung kemih atau ISK.

Garut adalah bahan penenang, yang merupakan zat penenang yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada selaput lendir yang meradang atau teriritasi. Karena mendapatkan namanya dengan berfungsi sebagai pengobatan untuk luka panah beracun, tidak mengherankan jika tanaman yang bermanfaat ini mengurangi peradangan.

Kandungan antiseptik garut membantu mengobati ISK dan juga mencegah kambuh di masa depan, jadi dokter sering merekomendasikan konsumsi umum untuk wanita dengan infeksi yang sering.

6 dari 6 halaman

Meredakan Sakit Gusi dan Mulut

Manfaat garut berikutnya yaitu dapat membantu meredakan sakit gigi dan gusi. Ini dapat diterapkan langsung ke gusi yang sakit dan mulut yang sakit untuk menghilangkan rasa sakit, berkat sifat anti-peradangannya. Untuk lebih meredakan nyeri pada gusi dan mulut, tambahkan juga minyak kelapa ke rutinitas Anda.

Kegunaan garut lainnya

Meskipun Anda bisa memasak akarnya sendiri, garut lebih sering dikonsumsi sebagai bubuk.

Ini digunakan sebagai bahan pengental untuk saus, puding, dan jeli, serta bahan makanan yang dipanggang seperti kue dan kue. Selain itu, ini adalah pengganti tepung terigu yang populer dalam resep bebas gluten.

Garut juga diduga memiliki beberapa aplikasi kosmetik karena dugaan kapasitas penyerap minyak, meskipun tidak didukung oleh bukti ilmiah. Semua sama, beberapa kegunaan populer meliputi:

  • Sampo kering. Pijatkan bubuk garut ke kulit kepala Anda untuk menyegarkan rambut Anda tanpa air.
  • Bahan deodoran. Campurkan bubuk garut, minyak kelapa, dan soda kue dengan perbandingan yang sama untuk membuat deodoran buatan sendiri.
  • Pengganti bedak dan bedak bayi. Dengan sendirinya, bubuk ini dikatakan dapat menyerap kelembapan dan meningkatkan kehalusan.
  • Riasan buatan sendiri. Campur bubuk garut dengan 1) kayu manis dan pala untuk membuat bedak atau alas bedak, 2) bedak bit untuk blush on, atau 3) bubuk coklat untuk bronzer.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini