Manfaat Air Putih Dingin yang Jarang Diketahui, Baik untuk Penderita Batu Ginjal

Jumat, 12 Agustus 2022 15:47 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Manfaat Air Putih Dingin yang Jarang Diketahui, Baik untuk Penderita Batu Ginjal Ilustrasi air es. ©elitefon.ru

Merdeka.com - Manfaat air putih dingin untuk kesehatan tubuh perlu diketahui oleh orang-orang. Pasalnya, air putih dingin bagi beberapa orang dihindari. Bahkan, biasanya beberapa orang tua akan melarang anaknya untuk minum air putih dingin karena dianggap menjadi penyebab flu.

Seringkali dianggap menjadi penyebab penyakit. Padahal manfaat air putih dingin bisamengembalikan cairan yang hilang dari tubuh manusia selama beraktivitas. Manfaat air putih dingin juga bisa bantu meredakan demam.

Selain itu, masih ada manfaat air putih dingin lainnya yang jarang diketahui. Maka dari itu, untuk mengetahui manfaat air putih dingin untuk kesehatan tubuh, berikut ini Merdeka.com merangkum manfaat air putih dingin untuk kesehatan tubuh dilansir dari laman ners.unair.ac.id.

2 dari 4 halaman

1. Meredakan Demam dan Mengatasi Sakit Tenggorokan

Manfaat air putih dingin yang pertama adalah meredakan demam dan mengatasi sakit tenggorokan. Demam adalah tanda bahwa tubuh sedang berperang dengan peradangan atau infeksi. Sehingga tubuh mengalami suhu yang lebih panas dari biasanya. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan meminum air dingin.

Selain itu, ketika demam dan sakit tenggorokan, tubuh juga mengalami dehidrasi dan air dingin dapat menghidrasi tubuh. Air dingin dikatakan dapat mencegah dehidrasi di tubuh. Tidak hanya itu, air es juga dapat mengurangi nyeri dan mengisi cairan tubuh.

2. Menghidrasi Tubuh Setelah Berolahraga

Kedua, manfaat air putih dingin bagi tubuh adalah menghidrasi tubuh setelah berolahraga. Kita tentu sering melihat atlet yang tengah melakukan pertandingan selalu minum air putih dingin ketika sedang istirahat. Hal itu dilakukan dalam rangka untuk menghidrasi tubuh mereka setelah berolahraga.

Ketika berolahraga, suhu tubuh akan meningkat dan panas tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, sehingga membuat tubuh cepat lelah. Supaya tubuh bisa kembali dari rasa lelah dan sekaligus menyejukkan tubuh setelah berolahraga, maka air es atau air putih dingin adalah minuman yang sangat direkomendasikan.

3 dari 4 halaman

3. Meringankan Nyeri Otot

Meringankan nyeri otot adalah manfaat air putih dingin yang juga berguna untuk kesehatan tubuh. Air putih dingin biasanya akan dikompres untuk meredakan nyeri dan bengkak dengan kain yang dibasahi oleh air es. Hal ini juga kerap dilakukan oleh tim medis ketika menangani atlet yang sedang mengalami masalah pada ototnya.

Hal ini tentu bermanfaat dalam rangka untuk mengatasi nyeri otot yang biasanya dialami oleh atlet atau siapapun yang terserang nyeri otot. Selain air dingin, Anda juga bisa menyelingi dengan kompres air hangat untuk melancarkan aliran darah pada otot.

4. Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya, manfaat air putih dingin yang bisa dirasakan oleh tubuh adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Tubuh akan cenderung menghangatkan air yang masuk ke dalam tubuh. Maka hal ini akan turut membakar kalori guna menunjang proses metabolisme tubuh.

Selain itu, dengan minum air putih dingin sebelum makan akan membuat tubuh merasa kenyang dan hal itu akan membuat perut terasa lebih kenyang. Dengan begitu, Anda akan memutuskan untuk tidak memakan makanan dengan porsi yang banyak.

5. Mencegah dan Meringankan Sembelit

Manfaat air putih dingin selanjutnya yang bisa Anda rasakan adalah mencegah dan meringankan sembelit. Sembelit adalah keadaan di mana orang buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Dikatakan bahwa dengan mengonsumsi air putih dingin akan membantu meringankan dan mencegah terjadinya sembelit. 

4 dari 4 halaman

6. Memudahkan Batu Ginjal Terbuang Melalui Urine

Penyakit batu ginjal salah satu penyebabnya adalah kurangnya minum air putih. Jadi, minum air putih akan dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan batu ginjal yang masih kecil melalui urine. 

Meminum air putih memang memiliki segudang manfaat, terutama air putih dingin. Dalam konteks ini, air putih dingin dapat membantu untuk mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh. Asupan cairan yang cukup akan membuat batu ginjal yang masih berukuran kecil akan ikut keluar.

7. Membuat Kulit Menjadi Sehat

Manfaat air putih dingin untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah membuat kulit menjadi sehat. Ketika tidak terhidrasi dengan baik, maka kulit akan menjadi kering, kasar, dan kehilangan elastisitasnya. Dengan meminum air putih atau air dingin akan membuat kesehatan kulit menjadi terjaga.

Selain itu, mandi dengan air es juga akan meningkatkan aliran darah pada kulit, sehingga kulit tampak lebih lembab dan sehat. Hal itu merupakan manfaat dari air putih dingin yang juga bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang ingin merawat kesehatan kulit supaya tetap elastis dan lembab.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini