Kisah Tragis Pria Diserang Buaya, Selamat Namun Kaki Nyaris Putus

Kamis, 16 Juli 2020 20:45 Reporter : Fatimah Rahmawati
Kisah Tragis Pria Diserang Buaya, Selamat Namun Kaki Nyaris Putus ilustrasi buaya. pixabay.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kasus penyerangan hewan buas terhadap manusia memang sering terjadi di Indonesia. Baru-baru ini, terjadi penyerangan buaya muara yang menimpa seorang warga di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Namun kali ini, korban buaya muara tersebut berhasil selamat.

Buaya muara tersebut menyerang Rohman (30), warga Teluk Betung Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin Sumsel pada Senin (13/7). Akibat serangan tersebut, Rohman nyaris kehilangan nyawa karena mengalami luka yang cukup parah.

1 dari 4 halaman

Kronologi Kejadian

Sekitar pukul 11.00 WIB, Rohman melakukan aktivitasnya sehari-hari yaitu mencari kayu gelam di kawasan rawa-rawa tak jauh dari tempat tinggalnya.

Ia biasanya menuruni anak tangga ke sungai untuk menarik kayu-kayu gelam yang ada di pinggiran sungai. Setelah mendapatkan kayu gelam dan mengangkatnya ke daratan, Rohman lalu kembali menuruni anak tangga untuk mencuci kakinya.

Baru saja Ia menjulurkan kaki kanannya untuk dibasuh air sungai, tiba-tiba buaya muara datang dan langsung menerkam kaki kanan Rohman.

"Buaya itu tiba-tiba muncul dan langsung menggigit bagian kaki kanan korban, hingga ada bagian daging kaki yang terpotong," ujar Kepala Desa (Kades) Teluk Betung Banyuasin, Hoirul Haris, Rabu (15/7).

2 dari 4 halaman

Kaki Nyaris Terpotong

Di tengah rasa sakit yang dialaminya, Rohman berhasil menarik kakinya dan naik ke daratan. Ia langsung berteriak meminta tolong, dan akhirnya warga sekitar datang membantu korban.

Rohman langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyuasin Sumsel, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

Sering Terjadi

Diakui Hoirul, di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kerap kali terjadi kasus penyerangan buaya ke warga sekitar yang beraktivitas di aliran sungai.

Bahkan ada warga di Banyuasin yang meninggal dunia, karena tubuhnya diseret ke tengah sungai dan dimangsa buaya muara tersebut.

4 dari 4 halaman

Meresahkan Warga

Pemerhati Lingkungan di Banyuasin, Zaidit berharap agar instansi terkait mengambil langkah cepat bagaimana untuk mengatasi hewan liar tersebut. Karena dalam satu tahun terakhir, buaya muara tersebut kerap memangsa warga sekitar.

"Perlu penanganan serius, ini sangat meresahkan warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai. Terlebih yang berprofesi sebagai nelayan dan pencari kayu gelam," ujarnya.

[far]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hewan Liar
  3. Tewas Diterkam Buaya
  4. Sumut
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini