Gejala Penyakit Thalassemia, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Kamis, 10 Juni 2021 20:00 Reporter : Ani Mardatila
Gejala Penyakit Thalassemia, Penyebab, dan Cara Mengobatinya ilustrasi darah. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Penyakit thalassemia adalah kelainan darah bawaan yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi hemoglobin dan sel darah merah. Seseorang dengan penyakit thalassemia akan memiliki terlalu sedikit sel darah merah dan terlalu sedikit hemoglobin, dan sel darah merah mungkin terlalu kecil.

Gangguan tersebut mengakibatkan penghancuran sel darah merah yang berlebihan, yang menyebabkan anemia. Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang normal dan sehat.

Dampaknya dapat berkisar dari ringan hingga parah dan mengancam jiwa. Sekitar 100.000 bayi baru lahir dilahirkan setiap tahun dengan penyakit thalassemia yang parah. Ini paling umum dengan keturunan Mediterania, Asia Selatan, dan Afrika.

Penyakit thalassemia adalah penyakit turunan, artinya setidaknya salah satu dari orang tua harus menjadi pembawa kelainan tersebut. Ini disebabkan oleh mutasi genetik atau penghapusan fragmen gen kunci tertentu. Berikut gejala penyakit thalassemia, penyebab, beserta cara mengatasinya.

Baca Selanjutnya: Gejala Penyakit Thalassemia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini