Fungsi Pasar Uang, Pengertian, Beserta Karakteristiknya yang Penting Diketahui

Rabu, 31 Maret 2021 14:01 Reporter : Ani Mardatila
Fungsi Pasar Uang, Pengertian, Beserta Karakteristiknya yang Penting Diketahui ilustrasi uang. www.usatoday.com

Merdeka.com - Pasar uang mengacu pada sistem keuangan yang berhubungan dengan kegiatan berdagang, pinjam-meminjam, investasi dan pendanaan jangka pendek hingga setahun dalam mata uang rupiah serta valuta asing menurut laman bi.go.id.

Di Indonesia, Bank Indonesia menjadikan pasar uang sebagai sarana pengendalian moneter baik rupiah maupun valuta asing. Pelaksanaan ini dilakukan oleh Bank Indonesia yaitu dengan menggunakan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU).
Landasan hukum pasar uang sendiri diatur dalam perundang-undangan mengenai perbendaharaan negara terkait penggunaan instrument Surat Utang Negara.

Pasar uang (money market) sederhananya adalah pasar yang menyediakan sarana pengalokasian dan pinjaman dana jangka pendek.

Pelaku utama pasar uang terdiri dari lembaga-lembaga keuangan seperti bank, dana pensiun, perusahaan asuransi. Juga perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan go public yang menerbitkan commercial paper, lembaga pemerintah misalnya Bank Indonesia itu sendiri. Serta individu-individu yang ingin membeli Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Jadi apa saja fungsi pasar uang setelah terjadi pertemuan para pelaku tersebut? Berikut merdeka.com merangkum fungsi pasar uang:

Baca Selanjutnya: Fungsi Pasar Uang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini