5 Fakta Mamat Alkatiri, Komika yang Dilaporkan DPR Hillary Brigitta Lasut ke Polisi

Rabu, 5 Oktober 2022 14:45 Reporter : Fardi Rizal
5 Fakta Mamat Alkatiri, Komika yang Dilaporkan DPR Hillary Brigitta Lasut ke Polisi Fakta Mamat Alkatiri, Komika yang Dilaporkan DPR RI Hillary Brigitta Lasut ke Polisi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Nama Mamat Alkatiri belakangan menjadi sorotan publik. Pasalnya, komika sekaligus aktor asal Papua Barat itu kini harus berurusan dengan pihak berwajib lantaran kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh Anggota Komisi 1 DPR Fraksi NasDem, Hillary Brigitta Lasut. Laporan tersebut juga disampaikan ke Polda Metro Jaya pada Senin (3/10) kemarin.

Kasus tersebut juga dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan dan telah terdaftar dengan nomor LP/B/5054/X/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA.

"Iya benar, laporan sudah diterima Polda Metro Jaya," kata Kombes Pol Endra Zulpan kepada awak media pada Selasa (4/10) kemarin dilansir dari Liputan6.com

Kombes Pol Endra Zulpan juga mengatakan bahwa kejadian tersebut bermula saat Hillary Brigitta Lasut menghadiri sebuah acara talk show dan mendapat roasting dari Mamat Alkatiri dengan menggunakan kata kata kasar. Merasa Tak nyaman dengan penyampaian tersebut, akhirnya Hillary Brigitta Lasut membuat laporan kepada pihak berwajib akibat perkataan Mamat Alkatiri yang melanggar pasal 301 KUHP.

"Pelapor selaku kuasa hukum korban menerangkan bahwa pada saat korban sedang menghadiri acara talk show, korban mendapat roasting dari terlapor selaku stand up komedian. Dalam roasting tersebut, terlapor menggunakan kata yang kurang sopan seperti kata 't*i' dan 'go*lo*', "kata Zulpan.

Seperti yang diketahui, Mamat Alkatiri sendiri merupakan salah satu Komika asal Papua yang juga turut meramaikan dunia layar kaca Tanah Air. Memiliki ciri khas dengan gaya penyampaiannya saat perform, tak sedikit pula pula warganet yang terhibur olehnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut intip beberapa fakta sosok Mamat Alkatiri.

2 dari 4 halaman

Profil

fakta mamat alkatiri komika yang dilaporkan dpr ri hillary brigitta lasut ke polisi

Liputan6.com ©2022 Merdeka.com

Pemilik nama lengkap Muhammed Yusran Farid AlKatiri merupakan komika kelahiran 24 Juni 1992. Meskipun lahir di tanah Ambon, Maluku, Mamat Alkatiri besar di Fakfak, Papua Barat. Ia merasa bangga dengan tanah Papua.

Sejak lulus di bangku SMA, Mamat melanjutkan perkuliahan di Yogyakarta. Ia mengambil jurusan kedokteran gigi di Universitas Muhammadyah Yogyakarta dan lulus pada 2020 lalu.

Karier

fakta mamat alkatiri komika yang dilaporkan dpr ri hillary brigitta lasut ke polisi
©2022 Merdeka.com/ Instagram @standupindo_sby

Mamat Alkatiri mulai tertarik pada dunia komika sejak dirinya bergabung di Stand Up Indo Yogyakarta pada 2014 lalu. Ia mencoba peruntungannya dengan mengikuti ajang kompetisi Stand UIp Comedy Indonesia (SUCI) season 7 pada 2017 lalu. Alhasil, dirinya berhasil keluar sebagai juara dua.

3 dari 4 halaman

Dunia Akting

mamat alkatiri

©2022 Merdeka.com/Instagram-Helmy Yahya Bicara

Sukses di ajang tersebut, nama Mamat pun mulai dikenal oleh banyak publik. Tak mau merasa puas dengan hasil yang diraihnya itu, Mamat pun mulai melebarkan sayapnya ke dunia peran pada 2018 lalu.

Beberapa peran yang dimainkannya pun sukses membuat para penonton terhibur. Beberapa film yang dimainkan Mamat yakni Terbang: Menembus Langit, Cek Toko Sebelah: The Series, Yowis Ben 2 dan masih banyak lagi.

YouTube

fakta mamat alkatiri komika yang dilaporkan dpr ri hillary brigitta lasut ke polisi
YouTube HAS Creative ©2022 Merdeka.com

Tak hanya itu saja, Mamat kini juga kerap menghiasi berbagai konten YouTube, salah satunya ia menjadi pembawa acara di Has Creative yang bertajuk MALING.

Di sana, ia menghadirkan beberapa artis maupun tokoh politik dengan berbagai tema. Tak sedikit pula program yang dibawakannya itu berhasil mencuri perhatian.

4 dari 4 halaman

Dilaporkan DPR RI Hillary Brigitta Lasut ke Polisi

fakta mamat alkatiri komika yang dilaporkan dpr ri hillary brigitta lasut ke polisi
©2022 Merdeka.com/ Instagram @hillarybrigitta

Kini, komika 30 tahun itu dilaporkan oleh anggota Komisi 1 DPR Fraksi NasDem, Hillary Brigitta Lasut atas pencemaran nama baik. Ia diduga melontarkan kata-kata penghinaan kepada Hillary Brigitta Lasut dan membuat dirinya harus berurusan dengan pihak berwajib. Kini, Hillary Brigitta Lasut juga mengunggah surat tanda terima laporan kepolisian melalui kanal Instagram miliknya.

"Yang bilang *nj*ng dan Ta* bukan penghinaan coba aja kalo dia ngomong begini ke ibu atau anak kalian 🤣 memang pejabat publik boleh di kritik. Tapi setau saya di Indonesia mo dia pejabat Publik mo dia Pembantu Rumah Tangga, tetap tidak boleh di Bully apalagi di Maki. Gausah bawa2 saya pejabat publik harus siap di kritik deh. Tai dan goblok bukan kritik. Itu BULLY DAN VERBAL HARRASMENT." tulis Hillary dalam unggahan Instagram pribadinya.

 

[frd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini