Dokter Ini Rela Habiskan Rp850 Juta untuk Bangun Lab Covid-19, Alasannya Bikin Haru

Rabu, 16 September 2020 12:45 Reporter : Fatimah Rahmawati
Dokter Ini Rela Habiskan Rp850 Juta untuk Bangun Lab Covid-19, Alasannya Bikin Haru Dokter Andani Eka Putra. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 yang sejak Maret lalu merebak di Indonesia, memang telah membuat banyak sektor terpuruk. Apalagi, hingga saat ini kasus positif Covid-19 di Tanah Air terus meningkat. Bahkan, sudah ada seratus lebih dokter yang gugur akibat Covid-19 ini.

Belum lagi, masalah biaya tes Covid-19 yang belum bisa dijangkau oleh semua kalangan, membuat banyak masyarakat enggan untuk melakukan tes, baik tes rapid maupun tes usap.

Hal ini lah yang membuat seorang dokter di Sumatra Barat (Sumbar), dr. Andani Eka Putra, terketuk hatinya untuk membangun laboratorium Covid-19 secara mandiri. Dokter yang juga Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) ini mengaku membangun laboratorium dengan biaya sendiri agar bisa memberikan layanan tes swab gratis kepada masyarakat.

Dilansir dari Antara, Andani merupakan salah satu orang yang menemukan metode pool test yang rela mengeluarkan Rp850 juta dari dana pribadinya untuk membangun laboratorium uji spesimen Covid-19 dan kini telah didukung oleh Pemprov Sumbar. Berikut kisah selengkapnya.

Baca Selanjutnya: Perjuangan Awal Membangun Lab Covid-19...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini