Dibuat dari Daging dan Ubi, Cicipi Lezatnya 'Labar' Kuliner Khas Simalungun

Selasa, 12 Oktober 2021 13:01 Reporter : Fatimah Rahmawati
Dibuat dari Daging dan Ubi, Cicipi Lezatnya 'Labar' Kuliner Khas Simalungun Dibuat dari Daging dan Ubi, Cicipi Lezatnya 'Labar' Kuliner Khas Simalungun. indonesia.go.id ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sumatra Utara (Sumut) punya banyak kuliner tradisional yang patut untuk dicoba. Salah satunya makanan khas Kabupaten Simalungun yang satu ini, namanya Labar.

Labar merupakan kuliner yang berbahan dasar ubi kayu dan daging, khususnya daging yang mengandung tulang lunak. Dulunya, makanan tradisional ini menjadi salah satu menu utama andalan setiap keluarga di Simalungun.

Sayangnya, makanan ini kini semakin lama semakin jarang dijumpai. Meski begitu, Labar ini masih disajikan pada saat acara-acara tertentu.

Menu khas ini juga bisa ditemukan di sejumlah rumah makan yang menyajikan menu makanan khas Simalungun.

Melansir dari laman indonesia.go.id, simak ulasannya berikut ini.

2 dari 3 halaman

Olahan Daging dengan Ubi

dibuat dari daging dan ubi cicipi lezatnya 039labar039 kuliner khas simalungun
indonesia.go.id ©2021 Merdeka.com

Dulunya, masyarakat Simalungun membuat Labar dengan menggunakan buyut (daging tupai), leto (daging burung puyuh) dan lingkaboh (daging kelelawar buah).

Namun, karena saat ini daging-daging tersebut sulit didapatkan, masyarakat sudah banyak yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya.

Kemudian, ubi dipilih menjadi bahan pelengkap dalam olahan menu ini lantaran cukup mudah ditemukan dan mudah pula ditanam. Masyarakat bisa dengan mudah menanam ubi. Di pasaran pun harga ubi cenderung lebih murah dibandingkan dengan bahan lainnya.

3 dari 3 halaman

Cara Membuatnya Sederhana

Makanan tradisional ini cara membuatnya tidaklah sulit. Bahan yang dibutuhkan pun mudah ditemukan. Cukup siapkan daging ayam, singkong, lengkuas, sereh, kemiri, lada, bawang batak dan ubi yang sudah diparut, serta sikkam.

Daging ayam terlebih dulu harus dibakar. Kemudian baru dicincang bersama dengan semua bumbu sampai benar-benar halus. Kemudian, tinggal dicampur dan diaduk dengan ubi yang sudah diparut. Labar pun sudah siap disajikan.

Labar ini biasanya disantap dengan nasi putih. Akan lebih lezat jika dinikmati saat nasi masih dalam keadaan hangat.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini