Cegah Virus Corona, Ini 4 Cara Kelola Sampah Masker Medis yang Benar dan Aman

Rabu, 8 April 2020 13:04 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Cegah Virus Corona, Ini 4 Cara Kelola Sampah Masker Medis yang Benar dan Aman Ilustrasi masker. ©PixabayShutterstock

Merdeka.com - Sejak pandemi virus corona menyebar di Indonesia, pemerintah telah mengimbau berbagai langkah dan tindakan untuk mencegah penyebaran virus yang semakin meluas. Masyarakat diwajibkan untuk rajin mencuci tangan dengan bersih, menjaga jarak fisik, melakukan etika batuk dan bersin yang benar, hingga wajib menggunakan masker bagi yang sakit dan ketika sedang bepergian.

Bahkan beberapa waktu lalu, pemerintah telah mewajibkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika keluar rumah. Hal ini dilakukan mengingat penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia yang semakin meningkat di setiap harinya.

Dalam hal ini pemerintah mengimbau masyarakat untuk lebih menggunakan masker kain, supaya persediaan masker medis bisa digunakan bagi para tenaga medis. Namun bagi Anda yang masih mempunyai persediaan dan menggunakan masker medis, perlu juga memperhatikan sampah atau limbah masker yang telah digunakan.

Pasalnya, jika tidak dikelola dengan baik, masker tersebut bisa saja membawa virus yang kemudian akan menempel dan bertahan pada benda di sekitar ketika dibuang begitu saja. Hal ini justru menambah besarnya peluang penularan virus Covid-19 itu sendiri.

Untuk mencegah risiko penularan tersebut, kami telah merangkum dari laman Covid19.kemenkes.go.id. tentang beberapa cara mengelola sampah masker dengan benar dan aman yang bisa Anda terapkan di rumah.

1 dari 5 halaman

Kumpulkan Masker Bekas Pakai

ilustrasi masker

Shutterstock

Cara mengelola sampah masker medis untuk mencegah virus corona yang pertama adalah dengan mengumpulkan masker bekas pakai menjadi satu.

Anda bisa mengumpulkan masker menjadi satu ke dalam wadah atau tempat, misalnya botol minuman plastik bekas.

Selesai menggunakan, sebaiknya letakkan masker pada tempat tersebut agar tidak memberikan kontaminasi pada benda sekitar.

2 dari 5 halaman

Lakukan Disinfeksi

Selanjutnya, masker yang telah dikumpulkan harus diberikan cairan disinfektan untuk menghilangkan dan mematikan seluruh kotoran, kuman, bakteri atau virus yang menempel.

Caranya rendam masker yang telah digunakan pada larutan disinfektan, atau juga bisa menggunakan cairan klorin atau pemutih.

Anda perlu menunggu beberapa saat agar larutan dapat bekerja secara optimal. Hal ini penting dilakukan guna mencegah virus corona menyebar luas ke berbagai benda di sekitar.

3 dari 5 halaman

Rusak dan Buang Masker

masker bekas

2020 Merdeka.com/twitter @Anelies_Syarief

Jika sudah direndam, cara mengelola sampah masker guna mencegah virus corona selanjutnya adalah merusak masker. Cara ini dilakukan untuk menghancurkan masker bekas pakai agar tidak didaur ulang oleh oleh oknum untuk dijual kembali.

Caranya potong bagian tali dan bagian tengah masker menjadi dua atau beberapa bagian. Kemudian buang masker ke tempat sampah domestik. Dengan begitu kain bekas masker tidak dapat didaur ulang lagi, sehingga bisa memperkecil risiko penularan virus corona di masyarakat.

4 dari 5 halaman

Cuci Tangan

Cara terakhir dalam mengelola sampah masker medis guna mencegah virus corona, tidak lain adalah mencuci tangan. Setelah selesai melakukan beberapa cara di atas, jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih.

Hal ini wajib dilakukan untuk memastikan tangan dalam keadaan bersih dan steril setelah menyentuh masker bekas pakai. Ini juga bisa menghindarkan dari risiko penularan virus itu sendiri.

5 dari 5 halaman

Gunakan Masker Kain

masker non medis

2020 Merdeka.com

Hal lain yang tidak kalah penting dan harus mulai dilakukan adalah mengganti penggunaan masker medis dengan masker kain. Sesuai anjuran pemerintah, masker kain baik digunakan bagi siapa saja yang masih sehat, setiap kali keluar rumah.

Hal ini sudah menjadi perintah untuk dilakukan setiap masyarakat, mengingat penyebaran virus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Anda bisa membeli atau membuat sendiri masker kain dalam jumlah 2-3 atau lebih untuk persediaan.

Setelah menggunakan sekitar 3 jam, disarankan untuk segera mengganti masker yang baru dan lebih bersih. Sehingga masker yang telah dipakai dapat dicuci dan dipakai lagi di kemudian hari.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini