Cara Menggunakan Kartu Kredit yang Benar Bagi Pemula, Simak Tipsnya

Rabu, 20 Januari 2021 15:51 Reporter : Ani Mardatila
Cara Menggunakan Kartu Kredit yang Benar Bagi Pemula, Simak Tipsnya 3 Alasan anda harus memiliki kartu kredit. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kredit/Credit berasal dari bahasa Romawi “Credue” yang mempunyai arti “Percaya” diadopsi oleh masyarakat sebagai membeli dan atau menjual secara angsuran. Purwodarminto memberi arti kredit sebagai menjual/membeli dengan tidak membayar tunai.

Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1972 Sebagaimana Telah Diubah dengan Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran paling mutakhir setelah cek dan giro yang bersifat tidak tunai.

Kartu kredit dibuat dari plastik dengan ukuran standar tertentu dan berisikan data nomor kartu yang terekam dalam magnetic stripe pada bagian belakang kartu. Pada bagian depan kartu terdapat nama dan nomor pemegang kartu yang dicetak timbul, juga terdapat tanggal masa berlaku kartu tersebut.

Nomor pemegang kartu biasanya terdiri dari 12- 16 digit dan unik untuk setiap bank dan pemegang kartu.

Penting untuk memahami apa itu kartu kredit dan cara menggunakan kartu kredit ketika Anda mendapatkannya dari perusahaan maupun membuatnya secara pribadi. Berikut merdeka.com merangkum cara menggunakan kartu kredit bagi pemula:

Baca Selanjutnya: Fungsi Kartu Kredit...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini