Cara Hidup Bahagia: Ketahui 7 Kebiasaan yang Mudah Dipraktikkan

Senin, 25 Juli 2022 15:15 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Cara Hidup Bahagia: Ketahui 7 Kebiasaan yang Mudah Dipraktikkan ilustrasi tertawa. © genius.com

Merdeka.com - Tidak mudah untuk menjalani hidup secara bahagia. Sebagian orang merasa hidupnya tidak bahagia. Kebahagiaan ini bisa datang dari mana saja. Tiap orang memiliki cara masing-masing untuk bisa bahagia. Pasalnya, kebahagiaan satu orang tidak bisa diukur dengan kebahagiaan orang lain.

Namun, menjadi bahagia adalah cita-cita banyak orang. Semua orang pasti ingin bahagia, terlebih apabila ada cara-cara yang membuat mereka hidup bahagia, orang-orang itu akan mempraktikkannya. Maka dari itu, informasi tentang cara hidup bahagia ini menjadi penting untuk disampaikan.

Cara hidup bahagia sebetulnya ada banyak. Anda bisa memilih atau mempraktikkan seluruhnya. Maka dari itu, berikut cara hidup bahagia yang bisa dipraktikkan oleh siapapun dalam kehidupan sehari-hari dilansir dari laman healthline.com:

2 dari 4 halaman

1. Tersenyum

Cara hidup bahagia yang pertama adalah tersenyum. Hal ini memang terdengar sangat klise, akan tetapi, tersenyum terbukti berhasil membuat orang menjadi lebih bahagia. Tersenyum adalah efek ketika seseorang bahagia. Namun, itu juga bisa dibalik. Tersenyum bisa saja memicu kebahagiaan.

Peneliti menemukan bahwa hubungan antara tersenyum, dan kebahagiaan dapat dikaitkan dengan “facial feedback hypothesis”, yang mana ekspresi wajah berpengaruh sederhana kepada emosi. Mulailah untuk tersenyum setiap pagi dengan diri sendiri di depan cermin.

ilustrasi bahagia
©Unsplash/alexandra lammerink

2. Berlatih Bersyukur

Hal yang perlu dilakukan untuk mencapai cara hidup bahagia adalah dengan berlatih untuk selalu bersyukur. Bersyukur dapat meningkatkan suasana hati. selain itu, bersyukur memiliki dampak yang cukup signifikan pada perasaan harapan dan kebahagiaan.

Setiap hari, Anda bisa memikirkan hal yang menyenangkan untuk Anda jalani, baik hal yang besar maupun hal-hal kecil atau sepele. Ini akan membantu Anda untuk menjalani hidup dengan baik dan tanpa perasaan tertekan. Dan jangan lupa, segala sesuatu yang menyenangkan harus disyukuri.

3 dari 4 halaman

3. Memberikan Pujian terhadap Orang Lain

Penelitian membuktikan bahwa tindakan kebaikan juga dapat membantu meningkatkan kebahagiaan secara alami. Ini merupakan salah satu cara hidup bahagia yang juga bisa membuat orang lain bahagia. Anda bisa memberikan pujian kepada seseorang atas hal-hal kecil.

Ketika orang lain membantu Anda menyelesaikan sesuatu, ucapkanlah terima kasih dengan senyuman. Tatap matanya, dan ucapkan dengan sungguh-sungguh. Ini akan membuat orang lain merasa bahagia dan tatapan akan disambut baik sebagai sebuah pujian yang menyenangkan perasaannya.

4. Menerima Fakta

Cara hidup bahagia yang terdengar mudah tetapi sulit untuk dilakukan adalah menerima fakta bahwa sesuatu yang tidak menyenangkan telah terjadi pada kita. Jika hal buruk sedang terjadi pada Anda misalnya ketika Anda sedang membuat kesalahan, jangan berpura-pura bahagia.

Itu bukanlah cara hidup bahagia yang baik. Sebaliknya, Anda perlu untuk menerima fakta bahwa yang Anda lakukan adalah salah. Anda juga perlu untuk mengakui bahwa perasaan Anda sedang tidak bahagia. Setelah itu, Anda bisa mengalihkan fokus kepada hal-hal yang bisa membahagiakan Anda.

ilustrasi bahagia
©Unsplash/alexandra lammerink

5. Membuat Jurnal

Jurnal adalah cara yang baik untuk mengatur pikiran. Membuat jurnal bisa menjadi salah satu cara hidup bahagia yang bisa Anda praktikkan. Jurnal akan membantu Anda untuk menganalisis perasaan dan membuat rencana. 

Menuliskan sesuatu yang ada dalam kepala Anda adalah sesuatu hal yang penting. Bukan berarti Anda harus menuliskan sesuatu yang besar dan mengharuskan Anda selalu berpikiran besar. Menuliskan sesuatu hal yang kecil juga sangat membantu Anda mencapai kebahagiaan.

4 dari 4 halaman

6. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain adalah salah satu hal yang negatif dan sangat tidak bisa ditolerir. Ini akan membuat cara hidup bahagia Anda menjadi berantakan. Sebaliknya, Anda perlu untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain jika ingin hidup bahagia.

Membandingkan diri dengan orang lain ini bisa terjadi di mana saja, termasuk di media sosial, di tempat kerja, atau bahkan di kampus. Dengan Anda membandingkan diri dengan orang lain, maka yang didapatkan hanyalah kecemasan dan tidak percaya terhadap diri sendiri.

7. Menjauhkan Diri dari Gawai

Cara hidup bahagia selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menyingkirkan diri dari gawai. Seperti diketahui bahwa gawai merupakan benda yang bisa menyebabkan perubahan otak dan mempengaruhi suasana hati jika digunakan dengan intensitas yang berlebihan. Bahkan, pada anak muda, terlalu sering menggunakan gawai berdampak pada perubahan kognitif dan emosional yang serius.

Anda bisa menjauhkan diri dari gawai jika ingin hidup bahagia. Biarkan otak mengembara bebas untuk sebuah perubahan. Anda bisa menggantinya dengan membaca, merenung, berjalan-jalan, memperhatikan lingkungan sekitar, bersikap ramah dengan orang lain, atau hanya sekadar sendirian di dalam kamar.

Demikian adalah cara hidup bahagia yang mudah untuk dipraktikkan. Tentu masih banyak cara atau langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai hidup yang bahagia. Namun, 7 hal di atas rasanya sudah cukup mewakili berbagai macam hal yang perlu dilakukan untuk menerapkan cara hidup bahagia.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini