Antisipasi Penolakan Warga, Pemkot Medan Siapkan Pemakaman Khusus Kasus COVID-19

Rabu, 1 April 2020 06:48 Reporter : Fatimah Rahmawati
Antisipasi Penolakan Warga, Pemkot Medan Siapkan Pemakaman Khusus Kasus COVID-19 Antisipasi Penolakan Warga, Pemkot Medan Siapkan Pemakaman Khusus Kasus COVID-19. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebagai antisipasi penolakan warga terhadap jenazah COVID-19, Pemerintah Kota Medan telah menyiapkan lahan pemakaman khusus bagi korban meninggal akibat virus corona atau COVID-19.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi dalam konferensi pers online, Selasa (31/3), seperti yang dilansir dari Antara.

“Pemkot Medan sudah menyiapkan tempat pemakaman khusus jenazah yang meninggal positif corona. Hal ini kita siapkan karena selama ini ada hambatan seperti penolakan warga. Untuk itu kita siapkan tempat penguburan khusus, tim penanganan yang khusus serta alat penguburan yang khusus,” katanya.

Melalui upaya tersebut kata Edwin, tentunya proses penguburan jenazah kasus COVID-19 diharapkan tidak akan menjadi masalah di lingkungan masyarakat.

1 dari 3 halaman

Tetap Terapkan Prosedur Rumah Sakit

Nantinya, proses pemakaman seluruh korban meninggal COVID-19 tetap dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh rumah sakit.

"Untuk penguburan korban yang meninggal kita sudah lakukan terlebih dahulu pengamanan dari rumah sakit. Jenazah sudah dibungkus plastik kedap dan peti yang dikunci sehingga tidak akan menularkan lagi," jelas Edwin.

2 dari 3 halaman

Imbau Warga Agar Tidak Cemas

Dengan adanya hal ini, masyarakat diimbau agar tidak lagi cemas dan ragu. Namun Edwin menekankan bahwa hal penting yang harus dijaga adalah proses penguburannya harus cepat sebelum 4 jam.

data terkini penyebaran virus corona di indonesia

covid19.kemkes.go.id 2020 Merdeka.com


"Apalagi dengan tim pengubur yang betul bisa bekerja maksimal tentunya proses penguburan tidak akan lagi dapat menularkan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Detail Lokasi Belum Disebutkan Secara Rinci

Meski begitu, terkait lokasi lahan penguburan yang telah disiapkan tersebut, Edwin belum menyebutkannya secara rinci. Edwin mengatakan bahwa pihaknya akan menginformasikan lebih lanjut mengenai detail lokasi lahan pemakaman yang telah disiapkan tersebut.

"Kalau lokasinya nantilah kita informasikan. Yang pasti sudah kita siapkan," ujarnya.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini