Antisipasi Mudik Jelang Lebaran, Ini yang Dilakukan Polda Sumut

Selasa, 20 April 2021 08:01 Reporter : Fatimah Rahmawati
Antisipasi Mudik Jelang Lebaran, Ini yang Dilakukan Polda Sumut Antisipasi Mudik Jelang Lebaran, Ini yang Dilakukan Polda Sumut. liputan6.com ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah kembali melarang mudik Lebaran tahun ini. Peraturan tersebut berlaku mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Larangan ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang masih merebak sampai saat ini.

Larangan ini pun kemudian ditindak lanjuti oleh Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Polda Sumut), yang turut memberlakukan larangan mudik Lebaran.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, pihaknya akan melakukan penyekatan di beberapa titik untuk mempersempit masuknya pemudik ke Sumut.

"Dalam penyekatan larangan mudik ini, kita berkoordinasi dengan TNI, Dinas Perhubungan, Pemerintah Daerah setempat, dan stakeholder terkait," jelasnya pada Senin (19/4).

Melansir dari Liputan6.com, berikut langkah yang diambil Polda Sumut selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Sekat Pintu Masuk dan Siapkan Posko Pengamanan

antisipasi mudik jelang lebaran ini yang dilakukan polda sumut
liputan6.com ©2021 Merdeka.com

Hadi menjelaskan, Polda Sumut akan melakukan penyekatan di sejumlah pintu masuk perbatasan Sumut-Aceh, Sumut-Sumatra Barat (Sumbar) dan Sumut-Riau.

"Kita lakukan penyekatan di sejumlah akses jalur perbatasan di Provinsi Sumut selama dikeluarkannya aturan larangan mudik," katanya.

Selain itu, pos pengamanan juga akan disiapkan di setiap daerah di Sumut. Hal ini untuk mengawasi dan mengantisipasi adanya arus mudik. Sejumlah personel TNI dan Polri diterjunkan dalam pengamanan ini.

"Seperti di Medan-Tebing Tinggi, Medan-Langkat. Wilayah perbatasan ini dijaga ketat personel Polri-TNI, agar nantinya masyarakat tidak melaksanakan mudik," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Dipaksa Putar Balik

Jika nanti ditemukan warga yang nekat melakukan mudik dari atau menuju Sumut, petugas akan memaksa warga untuk putar balik.

Guna mencegah penyebaran Covid-19 saat melakukan pengamanan mudik, petugas yang disiagakan di pos-pos pengamanan akan dilengkapi dengan pakaian Alat Pelindung Diri atau APD.

"APD yang telah ditentukan, yakni helm, masker, pakaian, sarung tangan, dan sepatu agar petugas tidak tertular Covid-19," ucap Hadi.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini