9 Manfaat Menulis Jurnal Harian bagi Kesehatan, Pertajam Ingatan hingga Kurangi Stres

Rabu, 7 Oktober 2020 13:01 Reporter : Ani Mardatila
9 Manfaat Menulis Jurnal Harian bagi Kesehatan, Pertajam Ingatan hingga Kurangi Stres Ilustrasi menulis jurnal. ©Shutterstock.com/winnond

Merdeka.com - Menulis jurnal umumnya melibatkan praktik membuat buku harian atau jurnal yang mengeksplorasi pikiran dan perasaan seputar peristiwa dalam hidup Anda.

Menulis jurnal (atau menyimpan surat atau buku harian) adalah tradisi kuno, yang sudah ada sejak abad ke-10 Jepang. Orang-orang sukses sepanjang sejarah telah membuat jurnal.

Presiden telah mempertahankannya untuk anak cucu; tokoh terkenal lainnya untuk tujuan mereka sendiri. Oscar Wilde, penulis drama abad ke-19, berkata: “Saya tidak pernah bepergian tanpa buku harian saya. Seseorang harus selalu memiliki sesuatu yang sensasional untuk dibaca di kereta."

Di masa lalu, banyak orang menyimpan jurnal pribadi, di mana mereka mencatat peristiwa hari itu dan pengamatan mereka. Tanpa penulis buku harian seperti Anne Frank dan Samuel Pepys, kita tidak akan tahu banyak tentang sisi pribadi dari sejarah kita.

Meskipun orang saat ini menyimpan blog atau vlog, dan merekam kehidupan mereka di media sosial, sangat sedikit dari kita yang menulis di jurnal dan menuliskan pengalaman kita. Menulis jurnal harian secara teratur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan mental Anda.

Baik Anda menderita gangguan makan, gangguan bipolar, ADD (atau ADHD ), depresi, atau bahkan skizofrenia, membuat jurnal mungkin bermanfaat bagi Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah selembar kertas dan pulpen atau pensil.

Berikut manfaat menulis jurnal harian bagi kesehatan dan karakter Anda:

Baca Selanjutnya: Mengurangi Stres...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini