9 Cara Mengatasi Kantuk di Siang Hari, Ampuh Dicoba

Selasa, 7 Juni 2022 09:01 Reporter : Ani Mardatila
9 Cara Mengatasi Kantuk di Siang Hari, Ampuh Dicoba Ilustrasi mengantuk. Shutterstock/Tom Wang

Merdeka.com - Sedikit mengantuk bukanlah masalah besar. Tetapi mengantuk sepanjang hari di tempat kerja dapat memiliki konsekuensi yang signifikan. Anda mungkin melewatkan tenggat waktu atau tidak bisa memenuhi beban kerja Anda hari itu. Jika ini menjadi pola, pekerjaan Anda bisa dalam bahaya.

Beberapa penyebab kantuk yang berlebihan termasuk kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk. Kantuk berlebihan adalah masalah yang relatif umum. Sebuah studi tahun 2019 di Komunikasi Alam mencatat bahwa 10-20% orang menghadapi kantuk yang berlebihan sampai tingkat tertentu.

Ada beberapa kemungkinan penyebab kantuk yang berlebihan, yang masing-masing memiliki perawatan yang berbeda. Berikut merdeka.com merangkum cara mengatasi kantuk di siang yang ampuh dicoba melansir dari healthline:

2 dari 3 halaman

1. Segelas kafein

ilustrasi kopi gayo

©Creative Commons/Adilarmaya

Cara mengatasi kantuk di siang hari di tempat kerja bisa dengan suntikan kafein yang menjadi penambah energi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kafein adalah stimulan, yang berarti meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja mental, dan membantu Anda melawan kantuk. Pergilah ke ruang istirahat untuk minum kopi, atau berjalan-jalan sebentar ke kafe lokal.

Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan. Minum terlalu banyak kafein dapat merangsang Anda secara berlebihan dan membuat Anda gelisah, yang dapat memengaruhi tingkat produktivitas Anda.

2. Tidur siang yang kuat

Cara mengatasi kantuk di siang hari berikutnya bisa dengan tidur sebentar. Terkadang, sedikit memejamkan mata adalah satu-satunya cara untuk mengatasi kantuk di siang hari. Jika Anda harus memejamkan mata, lakukan power nap singkat saat istirahat makan siang.

Jika Anda memiliki kantor sendiri, tutup pintunya dan letakkan kepala Anda di atas meja. Atau duduk di mobil Anda dan sandarkan kursi. Tidur siang selama 15 atau 30 menit mungkin memberi Anda energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Jangan lupa untuk mengatur jam alarm atau Anda mungkin kesiangan.

3. Bangun dari meja

Cara mengatasi kantuk di siang hari yaitu dengan sedikit bergerak. Duduk di satu tempat terlalu lama dapat memperburuk kantuk di siang hari. Bangun secara berkala dari tempat kerja dan berjalan-jalan membuat darah Anda mengalir. Ini juga dapat membantu Anda tetap terjaga dan berkonsentrasi pada pekerjaan.

Memang, Anda mungkin tidak bisa jauh dari meja terlalu lama. Anda mungkin harus menjadi kreatif dan melakukan pekerjaan di meja.  Jika Anda memiliki kantor sendiri, cobalah mondar-mandir di ruangan sambil berbicara di telepon.

4. Dengarkan musik yang ceria

Jika Anda mengantuk di tempat kerja, melakukan pekerjaan dalam diam bisa menjadi hambatan. Anda mungkin merasa seolah-olah akan tertidur setiap saat. Untuk membangunkan otak, dengarkan musik yang ceria.

Minta izin atasan terlebih dahulu sebelum melakukannya. Bos Anda mungkin memperbolehkan Anda mendengarkan musik selama itu tidak mempengaruhi produktivitas Anda. 

Jika Anda tidak dapat menyalakan speaker, dapatkan izin untuk mendengarkan musik melalui earbud, semakin ceria musiknya, semakin baik.

5. Makan siang yang ringan

Jika Anda sering mengalami kantuk di siang hari, makan siang yang berat bisa memperburuknya. Lakukan yang terbaik untuk menghindari camilan manis, soda, atau karbohidrat seperti roti putih dan pasta putih.

Makan siang ringan bisa bermanfaat untuk menjaga energi dan membuat merasa puas tapi tidak kekenyangan. Saat Anda mengemas makan siang Anda, pilih sumber energi yang lebih sehat. 

3 dari 3 halaman

6. Jaga agar ruang kerja Anda tetap cerah

Jika Anda beruntung bekerja di ruangan dengan jendela, buka tirai dan biarkan cahaya alami masuk. Sinar matahari di kantor dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Jika tidak memiliki jendela di dekat ruang kerja Anda, mintalah izin untuk membawa lightbox dan letakkan di dekat meja. Ini memancarkan sinar UV tingkat rendah dan membantu mengatur siklus bangun Anda sehingga Anda merasa kurang mengantuk.

7. Percikkan air dingin ke wajah

Jika Anda kesulitan untuk tetap terjaga di tempat kerja, pergilah ke kamar mandi dan percikkan air dingin ke wajah Anda. Peretasan cepat dan sederhana ini dapat memberi Anda energi kembali dan memberikan penjemputan yang sangat dibutuhkan.

Keluarlah setelah Anda memercikkan air ke wajah jika hari itu berangin. Udara sejuk di wajah Anda dapat meningkatkan kewaspadaan.

8. Nyalakan kipas angin

Menyalakan kipas angin di ruang kantor atau desktop dapat menjadi cara mengatasi  kantuk di siang hari.

Saat Anda merasa mengantuk, arahkan kipas angin ke arah wajah dan nyalakan sepenuhnya. Sama seperti angin alami di luar, udara sejuk dari kipas angin dapat meningkatkan kewaspadaan Anda.

9. Tetap sibuk

Kantuk di siang hari dapat diperparah oleh terlalu banyak waktu henti. Tergantung pada sifat pekerjaan Anda, Anda mungkin memiliki jeda ketika Anda memiliki lebih sedikit tanggung jawab.

Tanpa banyak yang harus dilakukan, Anda mungkin mulai merasa lebih lelah. Mintalah tanggung jawab ringan dari atasan Anda, jika memungkinkan. Anda mungkin dapat membantu dengan pekerjaan overflow.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini