8 Macam-macam Phobia yang Kadang Tidak Disadari, Kenali Cirinya

Minggu, 18 Oktober 2020 14:00 Reporter : Ani Mardatila
8 Macam-macam Phobia yang Kadang Tidak Disadari, Kenali Cirinya Nyctophobia. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Pernahkah di situasi atau tempat tertentu dan tiba-tiba Anda merasakan ketakutan yang sulit untuk dijelaskan? Mungkin Anda sedang mengalami phobia terhadap sesuatu.

Phobia adalah reaksi ketakutan yang berlebihan dan tidak rasional. Jika Anda memiliki phobia, Anda mungkin mengalami rasa takut atau panik yang dalam saat menemukan sumber ketakutan Anda. Ketakutan bisa dari tempat, situasi, atau objek tertentu. Tidak seperti gangguan kecemasan umum, phobia biasanya dikaitkan dengan sesuatu yang spesifik.

Dampak phobia umumnya cukup mengganggu hingga sangat melumpuhkan mental dan tubuh Anda. Orang dengan phobia sering menyadari ketakutan mereka tidak rasional, tetapi mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Ketakutan seperti itu dapat mengganggu pekerjaan, sekolah, dan hubungan pribadi.

Ketika seseorang menderita phobia, mereka akan sering mengatur hidup mereka untuk menghindari apa yang mereka anggap berbahaya. Ancaman yang dibayangkan lebih besar dari ancaman sebenarnya yang ditimbulkan oleh sumber ketakutan.

Ada banyak jenis phobia spesifik yang mungkin dialami orang, tetapi gejala kecemasan yang muncul sebagai respons terhadap rasa takut mereka serupa. Berikut macam-macam phobia yang mungkin belum Anda sadari beserta ciri dan gejalanya.

Baca Selanjutnya: Gejala Phobia yang Mudah Dikenali...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini