8 Jenis Pupuk Organik yang Bisa Dibuat Sendiri, Salah Satunya dari Cangkang Telur

Sabtu, 19 September 2020 10:15 Reporter : Ani Mardatila
8 Jenis Pupuk Organik yang Bisa Dibuat Sendiri, Salah Satunya dari Cangkang Telur Desa Dataran Kempas Kembangkan Pupuk Organik Sebagai Prukades. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Ada banyak jenis pupuk alami yang dapat digunakan di kebun atau dengan tanah pot. Beberapa dari pupuk ini dapat dibuat atau dikumpulkan di rumah menggunakan barang-barang umum dari limbah makanan dapur atau bahkan sampah halaman belakang rumah.

Limbah makanan merupakan masalah penting di dunia. Mereka menghasilkan bau, penampilan tidak estetis dan menyebabkan hama. Metode pembuangan limbah makanan saat ini dapat dibagi menjadi TPA, produksi energi baru, produksi pupuk organik, dll.

Namun, membuang limbah makanan ke TPA adalah cara yang tidak berkelanjutan karena TPA akan berkurang secara bertahap. Menggunakan metode yang wajar untuk membuang limbah adalah penting dan sangat diperlukan untuk meningkatkan laju daur ulang limbah dan kesehatan masyarakat.

Menggunakan limbah makanan sebagai pupuk organik tampaknya merupakan metode yang masuk akal untuk pembuangan limbah makanan. Sampah makanan mengandung bahan organik yang tinggi. Dari komposisi kimianya terdapat karbohidrat, selulosa, protein, minyak dan garam anorganik, di mana komponen organik merupakan bagian utamanya.

Sementara itu, limbah makanan juga mengandung sejumlah kalsium, fosfor, kalium, besi dan elemen jejak lainnya. Kandungan masing-masing komponen dalam sisa makanan (bahan kering): protein kasar menyumbang 15% sampai 23%, lemak 17% sampai 24%, abu 3% sampai 6%, unsur Ca 54%, unsur P 43% dan NaCl 3 % sampai 4%.

Limbah makanan memiliki kadar air yang tinggi, proporsi bahan organik dan kadar garam. Selain itu, mengandung lebih sedikit zat berbahaya dan mudah terurai. Komposisi dan sifatnya tidak stabil dan dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Berikut jenis pupuk organik yang bisa dibuat sendiri di rumah Anda jika tidak ingin menyisakan sampah makanan dilansir dari Farmers Almanac:

Baca Selanjutnya: 1 Sisa potongan rumput halaman...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jenis Pupuk
  3. Pupuk
  4. Ragam
  5. Sumut
  6. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini