8 Cara Merawat Payudara yang Sehat dan Benar, Lakukan SADARI Sejak Dini

Jumat, 27 November 2020 18:33 Reporter : Ani Mardatila
8 Cara Merawat Payudara yang Sehat dan Benar, Lakukan SADARI Sejak Dini Ilustrasi Payudara. ©medicalnewstoday.com

Merdeka.com - Merawat payudara harus menjadi bagian penting dari rutinitas kesehatan wanita mana pun. Seringkali kita lupa merawat mereka dengan baik karena jadwal kita yang padat.

Perawatan payudara secara rutin sangat diperlukan karena dapat meminimalkan risiko kesehatan dan memungkinkan Anda memiliki payudara yang sehat dan indah.

Siapa pun yang memiliki payudara rentan terhadap penyakit yang menyebar mulai dari yang lebih ringan, seperti puting kering dan kendur lambat yang menyertai penuaan, hingga yang lebih parah dan menakutkan, seperti kanker. Perawatan rutin dan pemeriksaan payudara sendiri dapat menjauhkan kita dari penyakit payudara fibrokistik dan kanker.

Ada banyak cara untuk merawat payudara Anda untuk mencegah atau menunda beberapa kekhawatiran tersebut dan memantau hal-hal yang mungkin berbahaya. Berikut merdeka.com merangkum cara merawat payudara yang sehat dan benar dilansir dari Doctor NDTV:

2 dari 4 halaman

1. Melembabkan

di payudara
©Shutterstock

Cara merawat payudara yang pertama yaitu dengan menjaga kelembapannya. Penting untuk melembabkan payudara Anda dan area sekitarnya, sama seperti bagian tubuh Anda lainnya. 

Kulit di dada tipis dan sensitif. Lembapkan mereka dengan krim yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat dan mentega kakao.

2. Masukkan Deodoran di bra Anda

Cara merawat payudara selanjutnya yaitu dengan membuatnya agar tidak terlalu basah oleh keringat. Jika payudara Anda mudah berkeringat, dan terkena ruam serta iritasi, Anda bisa mengoleskan bedak bayi untuk mencegahnya, atau cukup semprotkan deodoran.

3. Tabir surya

Cara merawat payudara berikutnya yaitu dengan menggunakan tabir surya. Payudara memiliki kulit yang sangat sensitif. Menutupi mereka dengan pakaian tidak membuat mereka kurang rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. 

Inilah mengapa disarankan menggunakan tabir surya untuk melindungi payudara dari kanker kulit dan mencegah kendur.

3 dari 4 halaman

4. Makan Sehat

Tidak hanya melakukan perawatan dari luar. Cara merawat payudara juga dilakukan dari dalam yaitu mengonsumsi makanan yang sehat.

Makan makanan yang seimbang dan sehat bisa sangat bermanfaat untuk payudara Anda.

Kedelai, tahu, dan miso memiliki kandungan daidzein dan genistein yang dapat menurunkan risiko penyakit payudara fibrokistik. Mereka juga menurunkan pertumbuhan sel tumor payudara. Beberapa makanan yang harus Anda masukkan ke dalam makanan Anda adalah persik, salmon, minyak zaitun, brokoli, kenari, dan kopi.

5. Dapatkan Bra yang Tepat

Bra adalah bagian penting dari pakaian yang kita kenakan dan merupakan salah satu cara merawat payudara yang baik. Jika payudara tidak ditopang dengan benar, ligamen meregang dan kendor. 

Untuk mencegahnya, penting untuk mendapatkan ukuran dan bentuk bra yang tepat, serta memakainya dengan benar. Penting untuk mengukurnya sesekali karena payudara diketahui berubah bentuk seiring berjalannya waktu.

4 dari 4 halaman

6. Periksa sendiri payudara Anda

di payudara
©Shutterstock

Melakukan SADARI, atau Periksa Payudara Sendiri adalah langkah penting yang harus dilakukan perempuan sejak dini. Hal ini dikarenakan dapat membantu Anda menemukan sesuatu yang tidak biasa tentangnya seperti perkembangan benjolan. 

Jika Anda tidak tahu cara melakukan pemeriksaan payudara, tanyakan pada ginekolog Anda atau cari tahu langkahnya di laman website atau youtube terpercaya. 

Waktu terbaik untuk melakukannya adalah saat mengoleskan lotion atau saat mandi. Bahkan jika Anda memeriksa payudara sendiri setiap bulan, penting untuk mengunjungi ginekolog Anda sebulan sekali, terutama jika Anda berusia di atas 40 tahun.

7. Perhatikan berat badan Anda

Saat Anda menambah berat badan, payudara Anda juga berubah ukuran yang menyebabkan kulitnya meregang. Kulit yang meregang ini tidak selalu bisa kembali ke bentuk semula. Seiring waktu, itu mulai terlihat kendor. Cara merawat payudara yang baik tentu dengan berolahraga dan menjaga berat badan Anda dapat membantu Anda menghindarinya. 

Olahraga bahkan dapat membantu mencegah kanker payudara. Push-up secara teratur selama lima belas menit setiap hari akan membuat payudara Anda lebih kencang.

8. Beri pijatan

Selain berolahraga, memijat payudara dengan benar juga menjadi langkah penting cara merawat payudara.

Memijat payudara Anda dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Itu juga akan meningkatkan kualitas mereka. Pegang payudara Anda di tangan Anda dan tekan dengan lembut sambil bergerak ke atas. Gunakan jari Anda dan pijat searah jarum jam lalu berlawanan arah jarum jam.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini