7 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Recommended dan Populer

Sabtu, 28 Mei 2022 09:00 Reporter : Ani Mardatila
7 Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Recommended dan Populer padang. blogspot.com

Merdeka.com - Tempat wisata di Sumatera Barat memiliki banyak pilihan yang menarik dan recommended. Sumatera Barat memang populer akan keanekaragaman hayati dan keindahan alamnya.

Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke tempat wisata di Sumatera Barat terutama untuk menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan.

Berikut merdeka.com merangkum beberapa tempat wisata di Sumatera Barat yang recommended dan jarang diketahui:

2 dari 3 halaman

Laguna Alami Tiku

Tempat wisata di Sumatera Barat yang pertama adalah Laguna Alami Tiku. Laguna merupakan danau air asin alami dekat pantai yang dahulu merupakan bagian laut yang dangkal.

Peristiwa geografi membuat Laguna Tiku terpisah dari laut ini terletak di Jorong Sungai Nimbuang, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Masyarakat setempat menyebut daerah ini dengan Muaro Putuih atau Muara Mati.

Ada filosofi terhadap pemberian nama Muara Putuih atau Muaro Mati, di mana Laguna Tiku atau danau air asin ini begitu tenang dan tak beriak tetapi tetap terdapat kehidupan beragam ikan di dalamnya.

Masyarakat sekitar juga banyak menemukan pensi dan langkitang atau sejenis kerang kecil berwarna hitam keabuan di perairan dangkal sebelum Laut Tiku ini.

Luak Gadang

Tempat wisata di Sumatera Barat ini terbilang destinasi baru bagi wisatawan. Lokasi Luak Gadang ada di Bukik Baka Park, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam. Jika dari pusat Kota Bukittinggi, jarak yang ditempuh sekitar 17 kilometer dengan waktu lebih kurang 45 menit mengendarai mobil.

Tidak hanya dengan mobil, para wisatawan juga bisa mengendarai sepeda motor. Jalan menuju tempat ini sangat mudah karena jika sudah sampai di Nagari Kamang Hilia akan tampak panah-panah yang menunjuk lokasi wisata.

Udara di kawasan ini sangat sejuk, cocok untuk menenangkan pikiran atau melipir sejenak dari jenuhnya aktivitas sehari-hari.

Jalan menuju Luak Gadang juga memiliki pemandangan yang bagus, yaitu sawah yang membentang luas di tepian Bukit Barisan.

3 dari 3 halaman

Paralayang Panorama Bukit Gadang

Panorama Bukit Gadang mulai dirintis menjadi destinasi wisata sejak 8 tahun lalu. Secara bertahap destinasi ini semakin berkembang dan dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah setempat.

Dari Panorama Bukik Gadang, pemerintah setempat sedang mengembangkan potensi olahraga paralayang. Uji coba sudah dilakukan dengan mengajak atlet paralayang profesional.

Lubang Tambang Mbah Soero

Terletak di tengah kota kecil bernama Sawahlunto, Lubang Tambang Mbah Soero menjadi salah satu peninggalan legendaris di Sumbar yang telah diakui Unesco.

Lubang tambang Mbah Soero merupakan tambang batu bara pertama di Sawahlunto. Dalam ceritanya, nama lubang tambang itu diambil dari tokoh asal Jawa yang menjadi pemimpin para pekerja atau disebut dengan orang rantai.

Lubang ini dibangun sekitar 1898 untuk kegiatan penambangan batu bara sepanjang 185 meter oleh Kolonial Belanda. Kemudian ditutup pada tahun 1932, karena rembesan air mengenangi terowongan.

'Sumangaik' Pagi dari Pulau Marak

Pulau Marak berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tepatnya di Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, sekitar satu jam dari Kota Padang.

Pulau ini merupakan surga bagi pencinta wisata bahari. Meski tidak sepopuler pulau-pulau lain di Sumatera Barat, namun destinasi wisata yang satu ini perlu masuk dalam daftar kunjungan wisata Anda selanjutnya.

Pasir putih yang menutupi pulau seluas 500 hektare ini pun menjanjikan petualangan seru, apalagi pulau ini berstatus tidak berpenghuni. Jadi, keindahan di atas maupun bawah lautnya masih sangat alami.

Telaga Dewi

Berada di ketinggian 2.877 meter di atas permukaan laut (Mdpl), Telaga Dewi akan memikat hati pendaki yang memandangnya. Di sekeliling telaga ditumbuhi pepohonan yang unik menambah eksotisme Telaga Dewi.

Telaga Dewi berada di puncak Gunung Singgalang, bagi pendaki lokal mendaki gunung satu ini cukup menguji adrenalin. Jalur pendakian utama gunung singgalang adalah via Pandai Sikek. Para pendaki biasanya berhenti di Pasar Koto baru atau 10 kilometer dari Kota Padang Panjang.

Air telaga nampak berwarna sedikit kecoklatan. Namun ketika cuaca cerah permukaan telaga nampak berwarna biru, karena pantulan warna langit.

Bagi yang membutuhkan tempat yang tenang dan sunyi dan hobi bertualang, Telaga Dewi bisa menjadi jawabannya.

Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau vulkanik berketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Terletak di Kecamatan Tanjung Rayu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). 140 kilometer (km) dari sebelah utara Kota Padang, 36 km dari Bukittinggi, dan 27 km dari arah Lubuk Basung.

Selain memiliki panorama yang indah, daerah sekitar danau jadi ladang penghasilan bagi penduduk setempat. Penduduk memanfaatkan pinggir danau menjadi lokasi ternak ikan, yang dikenal dengan keramba.

[amd]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Sumut
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini