7 Manfaat Mandi Air Dingin bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Sabtu, 17 Oktober 2020 09:45 Reporter : Ani Mardatila
7 Manfaat Mandi Air Dingin bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran Ilustrasi mandi. © mensxp.com

Merdeka.com - Mandi air dingin dianggap mandi dengan air bersuhu sekitar 50 hingga 60 derajat Fahrenheit (atau sekitar 15°C).

Suhu dingin yang ekstrem adalah salah satu bentuk stres yang menyebabkan tubuh kita secara singkat melakukan "respons melawan atau lari", dan kemudian beradaptasi agar dapat menangani penyebab stres yang sama dengan lebih efektif di masa mendatang.

Di zaman kuno, air panas adalah barang mewah. Orang harus tinggal di dekat mata air panas untuk menikmati kenyamanan mandi air panas, jadi dalam sebagian besar sejarah manusia, orang mandi dengan air dingin. Tetapi bahkan ketika orang Yunani Kuno mengembangkan sistem pemanas untuk pemandian umum mereka, mereka terus mandi dengan air dingin untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Paparan dingin menyebabkan tubuh kita melepaskan "hormon stres", termasuk kortisol, norepinefrin, dan adrenalin. Hal ini menyebabkan penghentian fungsi tubuh non-esensial, yang meliputi respons inflamasi.

Pelepasan hormon stres yang tinggi mungkin terdengar buruk, tetapi sebenarnya ketika hal itu terjadi sebentar, dan kemudian Anda memberi diri Anda waktu untuk pulih, hasilnya sangat bermanfaat.

Berikut manfaat mandi air dingin bagi kesehatan yang dirangkum Merdeka dari Dr. Axe:

Baca Selanjutnya: 1 Peningkatan Kejernihan dan Kewaspadaan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini