7 Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan, Lawan Radikal Bebas hingga Atasi Diabetes

Rabu, 25 Maret 2020 19:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari
7 Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan, Lawan Radikal Bebas hingga Atasi Diabetes Ilustrasi bunga pepaya. ©Pixabay

Merdeka.com - Indonesia boleh berbangga karena memiliki iklim tropis yang cocok ditumbuhi berbagai tanaman buah dengan segudang manfaat untuk tubuh. Salah satu buah yang cocok tumbuh di iklim tropis Indonesia adalah papaya.

Buah ini memang sudah tidak asing lagi bagi telinga setiap masyarakat Indonesia. Sebab buah yang satu ini dapat tumbuh di segala macam kondisi cuaca dan tanah.

Manfaat dari buah dengan bentuk unik ini memang sudah tidak diragukan lagi. Berbagai macam kandungan yang terdapat di dalamnya mampu memberikan manfaat kesehatan hingga mencegah berbagai penyakit. Mulai dari melancarkan pencernaan, meredakan nyeri haid, menjaga kesehatan jantung hingga mencegah penyakit kanker.

Bukan hanya buahnya, ternyata bunga papaya juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh. Siapa sangka, dibalik rasanya yang sedikit pahit ternyata bunga papaya banyak mengandung protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C juga E.

Bukan hanya itu, bunga papaya juga mengandung folat dan antioksidan tinggi yang sangat berguna untuk melawan radikal bebas hingga mencegah oksidasi kolesterol.

Dilansir dari Brilio.net dan Liputan6.com, berikut beberapa manfaat bunga papaya untuk kesehatan yang patut Anda ketahui.

1 dari 7 halaman

Melancarkan Metabolisme

001 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah mampu melancarkan sistem metabolism pada tubuh. Manfaat ini didapatkan dari kandungan tanin yang terdapat pada bunga pepaya.

Kandungan tanin merupakan serat alami yang dapat membantu kerja sistem pencernaan tubuh berjalan dengan lancar dan optimal. Dengan cara ini, metabolisme tubuh pun dapat bekerja dengan lancar.

Bukan hanya itu, bunga papaya juga mengandung serat dan vitamin lain turut mendukung proses metabolisme tubuh bekerja secara efektif.

Sehingga tidak heran jika bunga pepaya ini dapat membantu untuk menjaga berat badan dalam angka normal. Selain itu, bung pepaya juga mempunyai sifat antioksidan yang melindungi tubuh dari risiko kerusakan sel akibat radikal bebas.

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Nafsu Makan

makan

www.kaylaitsines.com

Bagi Anda yang memiliki nafsu makan rendah, Anda bisa mulai mencoba mengonsumsi bunga pepaya. Bukan tanpa alasan, salah satu manfaat bunga pepaya ternyata dapat berguna untuk meningkatkan nafsu makan.

Nutrisi yang terdapat dalam bunga pepaya ini dipercaya mampu menambah selera makan yang lebih besar daripada sebelumnya. Anda bisa mencoba mengolah bunga pepaya ini menjadi berbagai hidangan menu sehari-hari.

Anda juga bisa memberikannya pada anak jika mempunyai masalah yang sama.

3 dari 7 halaman

Menangkal Radikal Bebas

bebas

Shutterstock.com/Sebastian Kaulitzki

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat bunga pepaya juga dapat berguna untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat ini tidak lain berasal dari sifat antioksidan tinggi yang terkandung dalam bunga pepaya.

Dengan mengonsumsi bunga pepaya, zat antioksidan akan bekerja melawan senyawa-senyawa radikal bebas ada di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan detoksifikasi yang baik dan terlindungi dari berbagai serangan penyakit.

4 dari 7 halaman

Melancarkan Sirkulasi Darah

menstruasi

mercucita.mhadaily.com

Manfaat bunga pepaya selanjutnya adalah mampu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dalam hal ini kandungan dan nutrisi yang terdapat pada bunga pepaya sangat berguna untuk mengembalikan tekanan darah menjadi normal.

Sehingga dengan mengonsumsi bunga pepaya, bisa terhindarkan dari penyakit tekanan darah tinggi. Bahkan bagi penderita stroke disarankan untuk mencoba konsumsi bunga pepaya sebagai obat alternatif alami.

5 dari 7 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung, Stroke dan Darah Tinggi

darah

2015 Merdeka.com/shutterstock

Salah satu manfaat bunga pepaya yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ternyata juga berpengaruh secara langsung pada risiko penyakit jantung, stroke dan darah tinggi.

Kandungan bunga pepaya yang dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh dapat membantu menormalkan tekanan darah. Bukan hanya itu, lancarnya sirkulasi darah juga dapat membantu kerja jantung lebih sehat dan mencegah terjadinya penyakit stroke.

6 dari 7 halaman

Menurunkan Kolesterol

pinggang

shutterstock

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan tinggi kolesterol akan secara langsung meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika tidak dapat dikontrol dengan baik, kadar kolesterol yang tinggi ini dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti serangan jantung atau juga sroke.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mulai mengonsumsi olahan makanan dari bunga pepaya. Bunga pepaya memiliki kandungan folat dan antioksidan yang tinggi untuk membantu menekan kolesterol jahat dalam tubuh.

Dengan begitu, kadar kolesterol bisa menjadi lebih terkontrol. Ini bisa menjadi salah satu manfaat bunga pepaya untuk kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan.

7 dari 7 halaman

Mengatasi Diabetes

011 siti rutmawati

www.huffingtonpost.com

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengatasi penyakit diabetes. Bunga pepaya mempunyai kandungan vitamin C tinggi yang mampu mengurangi kadar gula darah dan meningkatnya produksi insulin dalam tubuh.

Dengan adanya kandungan ini, bunga pepaya sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. Selain itu, mengonsumsi bunga pepaya juga dapat menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini